5 Rekomendasi Perpustakaan Asik di Jakarta

5 Rekomendasi Perpustakaan Asik di Jakarta
info gambar utama

Perpustakaan adalah sebuah institusi atau fasilitas yang menyediakan koleksi buku dan sumber daya informasi lainnya untuk digunakan oleh masyarakat umum. Perpustakaan biasanya memiliki tujuan untuk memfasilitasi pendidikan, penelitian, pengembangan pribadi, dan membantu dalam menyebarkan pengetahuan.

Selain fungsi utamanya untuk menyediakan akses ke berbagai jenis sumber daya informasi, seperti buku, majalah, jurnal, surat kabar, dan materi referensi lainnya, perpustakaan juga memiliki fungsi lain yang sangat bermanfaat bagi para pengunjungnya.

Misalnya, perpustakaan berfungsi sebagai tempat yang mendorong minat membaca dan literasi di masyarakat, perpustakaan menyediakan ruang yang nyaman untuk belajar, meneliti, dan berkumpul, hingga berperan dalam melestarikan budaya dan warisan melalui koleksi arsip dan karya sastra yang mereka miliki.

Bahkan, perpustkaan juga mengadakan program-program komunitas, seperti diskusi buku, lokakarya, pameran, dan pertunjukan untuk menghubungkan masyarakat dengan kegiatan intelektual dan budaya.

Fungsi-fungsi ini menjadikan perpustakaan sebagai institusi penting dalam masyarakat untuk mendukung pendidikan, pengetahuan, dan pengembangan pribadi. Di Jakarta sendiri, terdapat beberapa perpustakaan yang menawarkan berbagai koleksi dan layanan untuk para pengunjung. Berikut adalah beberapa perpustakaan yang dapat direkomendasikan di Jakarta:

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 3 Jenis Tata Ruang di Perpustakaan
Perpustakaan Nasional| Foto: Universitas123
info gambar

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan ini terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Perpustakaan Nasional memiliki koleksi yang sangat luas, termasuk buku, majalah, jurnal, dan materi referensi lainnya. Mereka juga memiliki layanan baca di tempat dan perpustakaan digital.

Adapun, layanan digital ini menjadi hal baru. Perpusnas RI telah mengembangkan Perpustakaan Digital Indonesia (PDI) yang memberikan akses kepada masyarakat untuk membaca dan mengunduh buku elektronik, jurnal, dan publikasi digital lainnya. PDI memungkinkan akses ke koleksi perpustakaan secara online.

Perpustakaan Bank Indonesia

Terletak di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, perpustakaan ini merupakan perpustakaan yang spesifik untuk koleksi terkait dengan ekonomi, keuangan, dan perbankan. Mereka memiliki koleksi buku, jurnal, dan laporan ekonomi, serta fasilitas ruang baca.

Perpustakaan Nasional Kedokteran (Perpusnas Kedokteran)

Berlokasi di kompleks Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Salemba, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini mengkhususkan diri dalam koleksi terkait bidang kedokteran dan kesehatan. Mereka menyediakan akses ke berbagai sumber daya informasi medis dan kesehatan yang penting.

Perpustakaan Kemdikbud

Perpustakaan ini terletak di Gedung D Lantai 15 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini adalah perpustakaan yang termasuk dalam bagian dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku dan materi referensi terkait bidang pendidikan, kebudayaan, dan riset.

Perpustakaan Kemdikbud berperan dalam mengelola dan menyediakan akses ke Portal Dikbud Ristek, yang merupakan portal informasi yang menyajikan berbagai sumber daya pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Melalui portal ini, pengguna dapat mengakses informasi, publikasi, kebijakan, dan berbagai layanan yang disediakan oleh Kemdikbud.

Baca juga: Dibuat dari Daun Kelor, Es Krim Ini Berkhasiat Mengatasi Stunting

Perpustakaan Jakarta

Terdapat beberapa cabang perpustakaan di seluruh wilayah Jakarta, seperti Perpustakaan Taman Ismail Marzuki, Perpustakaan Daerah Jakarta Pusat, Perpustakaan Daerah Jakarta Utara, dan lainnya. Setiap cabang memiliki koleksi yang beragam dan menyediakan fasilitas baca di tempat.

Selain perpustakaan tersebut, terdapat juga perpustakaan khusus di berbagai institusi pendidikan, seperti perpustakaan di universitas, perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah di Jakarta.

Setiap perpustakaan memiliki koleksi dan layanan yang berbeda, sehingga pengunjung dapat memilih perpustakaan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Pastikan untuk memeriksa jam operasional dan persyaratan keanggotaan di masing-masing perpustakaan sebelum berkunjung. Beberapa perpustakaan juga menawarkan layanan online, seperti peminjaman e-buku atau akses ke basis data elektronik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini