Sambut Piala AFF U-23 2022, Waktunya Garuda Muda Kembali Menguasai Asia Tenggara!

Sambut Piala AFF U-23 2022, Waktunya Garuda Muda Kembali Menguasai Asia Tenggara!
info gambar utama

Timnas U-23 Indonesia kini dihadapkan ajang besar, yakni Piala AFF U-23 2023. Bisakah Garuda Muda kembali menguasai Asia Tenggara?

Piala AFF U-23 2023 dijadwalkan dihelat di Thailand pada 17 hingga 26 Agustus 2023. Ajang ini akan mempertemukan timnas usia muda dari berbagai penjuru Asia Tenggara.

Indonesia sudah mengetahui siapa lawan yang akan dihadapi di babak penyisihan grup. Ini menyusul sudah dilaksanakannya pengundian grup pada Senin (29/5). Hasilnya, Indonesia tergabung di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste.

Untuk diketahui, babak penyisihan grup Piala AFF U-23 2023 membagi para peserta ke dalam tiga grup. Total ada 10 tim yang ikut serta di mana satu grup berisikan dari empat tim dan dua grup berisi tiga tim.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menanggapi hasil undian tersebut. Ia optimistis Indonesia akan mampu meraih hasil terbaik di Piala AFF U-23 2023.

"Hasil undian grup AFF U-23 Championship ini, kita berada di Grup B dan berisi tiga negara bersama Timor Leste dan Malaysia, siapapun lawan persiapan kita harus semaksimal," ujar Erick seperti dilansir laman resmi PSSI.

"Saya optimistis, sebab atmosfer sepakbola Indonesia yang sedang baik seusai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik sehingga bisa lolos ke putaran final," lanjutnya.

Kesempatan Menguasai Asia Tenggara Lagi

Sebagaimana disinggung Erick, Garuda Muda memang sebelumnya berhasil merebut medali emas SEA Games 2023. Menurunkan Timnas U-22, Indonesia mengalahkan Thailand di final.

Oleh karena itu, Piala AFF U-23 2023 menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk meneguhkan statusnya sebagai peguasa sepak bola usia muda di level junior.

Dalam Piala AFF U-23 edisi sebelumnya yang digelar pada 2022, Indonesia tidak ikut serta. Sebab, Indonesia yang awalnya tercatat sebagai peserta turnamen mengundurkan diri dengan alasan pandemi Covid-19.

Saat itu, tim Indonesia memang dilanda badai Covid-19. Hal itu membuat sejumlah pemain harus dikarantina dan tentunya kondisi tim menjadi kacau hingga akhirnya keputusan untuk mundur pun diambil.

Saat itu, tim yang menjadi juara Piala AFF U-23 2022 adalah Vietnam. Kemudian peringkat kedua ditempati oleh Thailand.

Jadwal laga Timnas U-23 Indonesia di penyisihan Grup B Piala AFF U-23 2023:

Jumat, 18 Agustus 2023 - Timnas U-23 Indonesia vs Malaysia

Minggu, 20 Agustus 2023 - Timnas U-23 Indonesia vs Timor Leste

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini