Menuju Ajang Internasional, 6 Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Ikuti Pembinaan Tata Boga

Menuju Ajang Internasional, 6 Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Ikuti Pembinaan Tata Boga
info gambar utama

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengadakan Pembinaan Tata Boga Tahap I pada 24-28 Mei 2023 secara luring di Tangerang, Banten. Pembinaan ini diikuti enam siswa berkebutuhan khusus dari berbagai provinsi di Indonesia sebagai persiapan mengikuti ajang talenta internasional yaitu The 13th Salon Culinaire 2023.

"Lewat Pembinaan ini diharapkan peserta dapat mengasah kemampuan dan keterampilannya untuk persiapan menuju ajang The 13th Salon Culinaire 2023,” tutur Hendarman, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dilansir dari laman Puspresnas(24/5/2023) lalu di Tangerang, Banten.

Di tempat yang sama, Ucu Sawitri selaku salah satu pembina mengatakan Pembinaan Tata Boga Tahap I ini berfokus pada aspek mental, keterampilan, dan komunikasi peserta. Ia berharap melalui pembinaan ini akan semakin tercipta kemandirian peserta.

“Saya berharap dari pembinaan ini dan lomba mendatang anak-anak bisa diterima secara mandiri di dunia Industri yang benar industri bukan di kalangan difabel lagi, jadi mereka mendapatkan tempat yang layak di situ sesuai dengan kemampuan anak-anak ini,” kata Ucu.

Peserta Pembinaan Tata Boga Tahap I merupakan siswa SLB dan SLB-C dari pemenang dan finalis LKS-PDBK Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Berikut enam peserta Pembinaan Tata Boga Tahap I:

  1. Nazwa Aprilia dari dari SLB Negeri Pangeran Cakrabuana, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Didampingi Yumairya sebagai guru pendamping;
  2. Made Agus Ari Purnawan dari SLB Negeri 2 Denpasar, Kota Denpasar, Bali. Didampingi I Wayan Sumarsa sebagai guru pendamping;
  3. M.Hafiz Farhan Syafawi dari SLB Negeri Pembina Palembang, Sumatera Selatan. Didamping Labora Fransisca sebagai guru pendamping;
  4. Nurul Hikmah dari SLB-C Negeri Pembina, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Didampingi Wuryan Purnami sebagai guru pendamping;
  5. Vidina Aulia Tiansyah SLBN Rembang Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Didampingi Ani Rismawati sebagai guru pendamping;
  6. Mala Iklasya dari SLB Negeri Pembina, Kota Pekanbaru, Riau. Didampingi Nurhayati sebagai guru pendamping.

Pembinaan Tata Boga Tahap I ini bertujuan untuk menyeleksi peserta Lomba Kompetensi Siswa Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKS-PDBK) 2022 yang mencakup Juara 1, 2, 3, Harapan 1, 2, dan 3.

Nantinya, dari enam peserta akan dipilih tiga peserta terbaik yang akan melanjutkan ke Pembinaan Tahap II dengan harapan dapat menorehkan prestasi terbaik di ajang internasional The 13th Salon Culinaire 2023. Ajang talenta internasional tersebut akan digelar pada 27 Juli 2023 mendatang dalam rangkaian pameran Internasional Food Hotel Indonesia di JIEXpo Kemayoran, Jakarta.

Perlu diketahui, dalam Pembinaan Tata Boga Tahap I, peserta mendapatkan beberapa materi, yaitu “Dress the cake” merupakan materi lomba internasional menghias kue menggunakan fondant. Dari materi tersebut peserta dibina oleh Chef Ucu Sawitri mulai dari pengenalan bahan hingga mendekorasi kue dengan baik dan benar.

Hal ini dilakukan karena materi tersebut tidak selalu diajarkan secara mendalam di sekolah-sekolah. Dengan begitu, peserta diharapkan dapat mengembangkan kemampuan mereka secara menyeluruh dalam bidang Tata Boga.

Beberapa peserta sangat antusias dalam Pembinaan Tahap I Tata Boga ini. Salah satunya adalah Made Agus Purnawan dari SLB Negeri 2 Denpasar. Guru pendampingnya, yakni I Wayan Sumarsa, membantu menyampaikan rasa antusias Made.

"Selama proses pembinaan ini, siswa saya telah mendapatkan banyak ilmu dan keterampilan baru yang diajarkan pembina. Semoga dalam pembinaan ini, Made akan memiliki kemampuan dan keyakinan untuk berpartisipasi di ajang internasional Tata Boga. Made merasa sangat antusias dan senang mengikuti pembinaan ini," kata I Wayan Sumarsa.

Referensi: Puspresnas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini