Dari Rumania, Marian Mihail Bersiap Unjuk Gigi di Sepak Bola Indonesia bersama PSS Sleman

Dari Rumania, Marian Mihail Bersiap Unjuk Gigi di Sepak Bola Indonesia bersama PSS Sleman
info gambar utama

Marian Mihail kini bakal unjuk gigi di sepak bola Indonesia. Bersama PSS Sleman, mampukah ia membuktikan kualitasnya sebagai pelatih?

Selalu ada wajah baru pelatih asing yang berdatangan di sepak bola Indonesia. Untuk musim 2023-2024, salah satu wajah baru itu adalah Marian Mihail.

Mihail ditunjuk sebagai pelatih PSS Sleman untuk musim 2023-2024. Perekrutan pelatih asal Rumania itu diumumkan PSS pada akhir April lalu.

"Pelatih yang sarat pengalaman baik pada saat bermain dan sebagai pelatih ini sudah melalang buana di Eropa, Timur Tengah , Vietnam, termasuk pernah menjabat sebagai Direktur Teknik Tim Nasional Rumania,” demikian Komisaris Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS) Rachmat Makkasau saat mendeskripsikan sosok Mihail, seperti dilansir laman resmi klub.

Ivar Jenner dan Rafael Struick, Darah Muda yang Akan Jadi Tenaga Baru Timnas Indonesia

Profil Marian Mihail

Mihail adalah pelatih asal Rumania kelahiran 17 Mei 1958. Karier kepelatihannya bermula pada tahun 1996-1997 saat ia melatih Sportul Studentesc Bucharest.

Berikutnya, ia kerap berpindah sari satu klub ke klub lain di Rumania. Klub terbesar di sana yang pernah ia singgahi adalah Steaua Bucharest di mana ia menjabat direktur teknik pada 1999–2001.

Mihail juga merupakan pelatih Eropa yang berpengalaman bekerja di Asia. Kiprah pertamanya di Asia adalah melatih klub Qardaha SC di Suriah pada tahun 2022. Pada masa-masa awal kariernya di Asia, Mihail disibukkan dengan melatih klub Timur Tengah. Selain Qardaha SC, ia juga pernah melatih Al Riyadh (2003–2004), Al Jaish (2006–2007), Al Jahra (2008–2009), dan Zakho (2016). Mihail pun pernah menjadi Direktur Teknik Al Wahda Abu Dhabi pada 2009 hingga 2010.

Tempatnya melanjutkan karier bergeser ke Asia Tenggara pada pada tahun 2017. Mihail melatih klub Vietnam Thanh Hoa hingga 2018.

Sebagai pelatih, Mihail telah mulai mempersiapkan timnya jelang musim 2023-2024 bergulir. Seperti pelatih pada umumnya, ia memberikan agenda latihan, laga uji coba, serta meracik tim dengan mengombinasikan pemain lama dengan pemain baru.

Setelah datang ke PSS, Mihail menggelar latihan bagi para pemainnya. Menu latihan yang diberikan jelang musim 2023-2024 ini di antaranya menerapkan sesi latihan dua kali sehari guna meningkatkan kebugaran pemain.

Uji tanding tak luput digelar. Terakhir, Mihail membawa PSS menghadapi klub lokal Yogyakarta, Angkatan Muda Seyegan (AMS) pada Jumat (2/6/2023) sore di Lapangan Pakembinangun, Sleman. Memainkan susunan pemain yang berbeda di setiap babak, PSS menang 14-0.

Dengan Tangan Dingin Indra Sjafri, Timnas Usia Muda Indonesia Memetik Sederet Prestasi



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini