Kediri Akan Punya Stadion Baru, Desainnya Modern Ala Sepak Bola Eropa

Kediri Akan Punya Stadion Baru, Desainnya Modern Ala Sepak Bola Eropa
info gambar utama

Sebuah stadion baru dibangun di Kabupaten Kediri. Stadion ini punya desain modern yang bergaya ala sepak bola Eropa masa kini.

Bicara soal stadion di Kediri, saat ini ada dua stadion yang kerap digunakan untuk laga sepak bola. Di wilayah kabupaten, ada Stadion Canda Bhirawa Pare yang digunakan klub Persedikab dan di kota ada Stadion Brawijaya yang digunakan oleh Persik. Namun sebentar lagi, akan ada satu stadion lagi yang hadir di sana.

Ya, Kediri sedang membangun stadion baru di wilayah kabupaten. Stadion tersebut tampaknya belum punya nama resmi yang akan digunakan dan kini hanya disebut dengan Stadion Kabupaten Kediri.

Stadion Teladan Direvitalisasi, Markas PSMS yang Legendaris Akan Hadir dengan Wajah Baru

Desain Ciamik

Stadion Kabupaten Kediri bisa dibilang spesial. Sebab, desainnya begitu ciamik dan penuh nuansa modern.

Dalam gambar desain yang beredar di media sosial, tampak Stadion Kabupaten Kediri dibuat dengan seluruh tribune tertutup atap. Namun, hal yang paling mencolok adalah tidak adanya lintasan atletik sehingga jarak antara lapangan dengan tempat penonton begitu dekat. Desain seperti ini biasanya ditemui di liga-liga top Eropa.

Di Indonesia, Stadion tanpa lintasan atletik juga belum banyak. Hanya ada beberapa stadion dengan usia relatif muda yang dibangun seperti demikian, misalnya Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Batakan Balikpapan, dan Jakarta International Stadium.

Stadion Kabupaten Kediri berada di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan. Lokasi stadion ini terbilang strategis karena tidak jauh dari bandara Kediri yang saat ini juga tengah dibangun. Lahan di mana stadion ini dibangun memiliki luas 10ha sementara luas bangunannya adalah 2,3 ha.

Stadion Kabupaten Kediri diklaim dibangun sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA selaku badan tertinggi yang menaungi sepak bola dunia. Nantinya, stadion ini juga diproyeksikan untuk menjadi markas Persedikab, klub kebanggaan Kabupaten Kediri.

Pembangunan Stadion Kabupaten Kediri saat ini sudah berlangsung. Dimulainya proses pembangunan ditandai dengan acara groundbreaking atau peletakan batu pertama pada Rabu (31/5) yang dihadiri oleh Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana.

"Harapannya dengan dibangunnya stadion ini, bisa menjadi titik tumpu supaya kegiatan masyarakat yang mungkin selama ini terpacu pada bagian timur kediri dan sekarang dengan dibangunnya bandara yg hanya berjarak yang tidak begitu jauh dari stadion yg nantinya akan dibangun ini bisa menjadi episentrum tersendiri di bagian barat sungai," ujar Hanindhito seperti diwartakan laman resmi Kabupaten Kediri.

Indonesia Arena, Stadion Multifungsi Baru di GBK yang Akan Segera Hadir

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini