Timnas Indonesia Siap Jalani FIFA Matchday Melawan Palestina dan Argentina

Timnas Indonesia Siap Jalani FIFA Matchday Melawan Palestina dan Argentina
info gambar utama

Timnas Indonesia akan kembali menjalani laga persahabatan FIFA Matchday dalam beberapa hari kedepan. Dua negara kuat sudah dikonfirmasi akan datang ke Indonesia dan menjadi lawan dari Timnas Garuda.

Kedua negara yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia adalah Palestina dan Argentina. Laga Timnas Indonesia melawan Palestina akan diadakan pada 14 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Beberapa hari kemudian, Timnas Indonesia akan kembali berlaga. Timnas Garuda akan menghadapi juara Piala Dunia 2022 Qatar, Argentina pada 19 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Berbagai persiapan sudah dilakukan menjelang dua laga ini. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah memanggil pemain yang akan diturunkan. Selain itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga sudah melakukan pelatihan jelang laga menghadapi Palestina dan Argentina.

Kediri Akan Punya Stadion Baru, Desainnya Modern Ala Sepak Bola Eropa

Tiket bagi para penonton yang ingin hadir langsung untuk mendukung Timnas Indonesia juga sudah mulai terjual. Bahkan, pembukaan tiket Indonesia vs Argentina pada hari pertama langsung ludes terjual hanya dalam hitungan menit saja.

Terkhusus laga Indonesia vs Palestina, beberapa persen hasil penjualan tiket diketahui akan disumbangkan. Dikutip dari laman resmi PSSI, Ketua Umum Erick Thohir menyebutkan bahwa sepuluh persen hasil penjualan tiket pada laga tersebut akan disumbangkan kepada Palestina.

"Yang pasti kita punya kesepakatan, PSSI dan Pemerintah Daerah akan menyumbangkan 10 persen dari pada penjualan tiket (Indonesia vs Palestina) untuk perjuangan rakyat Palestina," jelas Erick Thohir.

26 Pemain Siap Berlaga

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong diketahui sudah memanggil 26 pemain untuk persiapan laga FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina.

Dilansir dari laman PSSI, beberapa nama langganan Timnas Garuda, seperti Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, hingga Dimas Drajad kembali dipanggil oleh pelatih yang kerap disapa STY untuk diturunkan pada dua laga ini.

Selain itu, beberapa pemain Timnas Indonesia yang turut mempersembahkan medali emas pada gelaran Sea Games 2023 di Kamboja, seperti Rizky Ridho, Ernando Ari dan Marselino Ferdinan juga turut dipanggil untuk memperkuat tim senior.

Wajah baru juga ikut dipanggil oleh STY untuk memperkuat Timnas Indonesia. Beberapa nama baru yang memperkuat Timnas Indonesia diantaranya kiper PSM Makassar, Reza Arya, hingga dua pemain yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasi, Ivan Jenner dan Rafael Struick.

Mimpi Besar Sepak Bola Indonesia: Lolos ke Piala Dunia 2038

Peluang Debut Pemain Naturalisasi

Laga FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina berpotensi akan menjadi debut perdana bagi beberapa pemain naturalisasi Indonesia.

Selain Ivan Jenner dan Rafael Struick, terdapat dua nama lagi yang memiliki kesempatan untuk debut bersama Timnas Indonesia, yakni Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Sementara itu, dua pemain naturalisasi lainnya, yakni Elkan Baggott dan Jordi Amat sudah terlebih dahulu mencatatkan caps bersama Timnas Garuda.

Bagi Sandy Walsh, dua laga ini menjadi kesempatan bagi dirinya untuk debut bersama Timnas Indonesia setelah menyelesaikan proses naturalisasi pada November 2022 lalu. Dikutip dari laman PSSI, Sandy Walsh mengaku cukup antusias dan tidak sabar untuk berseragam Timnas Indonesia.

"Saya sudah mendengar kabar dari PSSI terkait FIFA matchday Juni di Surabaya. Itu merupakan kampung halaman kakek saya. Saya sangat senang mendengarnya," ucap Sandy Walsh.

Terkhusus laga melawan Argentina, Sandy Walsh berharap dirinya bisa mendapatkan pengalaman berharga ketika berhadapan dengan tim juara dunia tersebut.

Mendorong Hadirnya Kompetisi Bola Basket Putri Nasional

"Melawan Argentina akan menjadi momen spesial. Mereka adalah juara dunia dan peringkat satu dunia. Ini menjadi pengalaman berharga bagi saya dan tentu skuad Indonesia," jelas pemain yang saat ini bermain untuk tim asal Belgia, KV Mechelen tersebut.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini