Transjakarta Targetkan Uji Coba Penyambungan Rute Jakarta-Bogor Mulai Juli 2023

Transjakarta Targetkan Uji Coba Penyambungan Rute Jakarta-Bogor Mulai Juli 2023
info gambar utama

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dikabarkan tengah menyambungkan rute Transjakarta dan Transpakuan dari Bogor menuju Cibubur, Jakakarta Timur. Pihaknya menargetkan uji coba layanan ini mulai Juli 2023.

“Mungkin dalam waktu dekat ini, target Juli, akan langsung uji coba (penyambungan rute Transjakarta-Transpakuan). Nanti akan dilihat responnya seperti apa,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon, dilansir dari Antara, Rabu (7/6/2023).

Pihaknya saat ini masih melakukan pembahasan terkait tarif, unit bus, titik lintasan, dan skema bisnis apabila kedua moda transportasi publik itu resmi melakukan kerja sama. Keduanya juga tengah mempertimbangkan terkait penyediaan armada, apakah dari unit bus Transjakarta atau Transpakuan.

Skema bisnis yang terbentuk nanti harapannya tidak menjadi beban bagi keuangan perusahaan ataupun keuangan Pemprov DKI. Oleh karena itu, kedua pihak terus mencari solusi yang terbaik untuk meminimalisir risiko keuangan.

Asyik! TransJakarta dan Trans Pakuan Akan Terhubung, Jalan-jalan Jakarta-Bogor Makin Mudah

Tingkatkan konektivitas Jakarta-Bogor

Kerja sama bidang transportasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kota Bogor melalui Transjakarta dan Transpakuan dilakukan untuk mempermudah mobilitas warga. Lebih lanjut, hal ini diharapkan mampu meningkatkan konektivitas Jakarta dan Bogor.

Selain karena terbatasnya moda transportasi umum, kerja sama kedua pihak tersebut juga didorong oleh banyaknya masyarakat yang masih menggunakan Tol Jagorawi.

Dikutip dari Liputan6.com, rencana terkait penambahan rute tersebut sebelumnya telah dibahas dalam pertemuan antara Wali Kota Bogor Bima Arya dan Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Kerja sama Transjakarta-Transpakuan ini kemudian tertuang dalam “Momerandum of Understanding” (MoU) yang ditandatangani Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Transportasi Pakuan Kota Bogor dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI pada 11 Mei 2023.

Makin Aman! Transjakarta Tambah 20 Bus Pink Khusus Penumpang Wanita

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini