Mengenal Kambing Saanen, Kambing Asal Swiss Penghasil Susu Terbaik

Mengenal Kambing Saanen, Kambing Asal Swiss Penghasil Susu Terbaik
info gambar utama

Kambing saanen adalah jenis kambing yang sangat produktif. Kambing ini memiliki kualitas susu yang sangat baik dibandingkan dengan kambing-kambing lainnya. Kambing saanen merupakan kambing asal Swiss yang banyak diimpor ke Indonesia untuk penuhi kebutuhan susu kambing di tanah air.

Selain susunya, kambing saanen juga bisa dimanfaatkan dagingnya karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Artikel ini membahas tentang kambing saanen, bagaimana karakteristiknya, manfaat dari susu yang dihasilkan oleh kambing saanen, dan harganya. Simak ulasannya sebagai berikut.

Apa itu Kambing Saanen?

Kambing saanen adalah kambing yang berasal dari lembah Saanen, Swiss bagian barat. Kambing ini merupakan salah satu jenis kambing yang terbesar di Swiss dan penghasil susu terbaik. Kambing ini memiliki kesulitan untuk berkembang di wilayah tropis. Kambing saanen memiliki kepekaan yang berlebih terhadap sinar matahari.

Di Indonesia, kambing ini biasanya akan dikawinkan silang dengan jenis kambing lain. Hal itu bertujuan agar keturunan dari kambing saanen bisa lebih resisten terhadap matahari dan cuaca tropis yang jauh berbeda dengan habitat aslinya. Biasanya, kambing saanen akan dikawinkan dengan kambing etawa.

Bagaimana Karakteristik Kambing Saanen?

kambing saanen
info gambar

Kambing saanen memiliki karakteristik yang sangat khas. Yaitu bulunya berwarna putih atau krim dengan titik hitam di bagian telinga dan di kelenjar susu. Kambing ini juga memiliki hidung yang lurus dan muka yang berbentuk segitiga.

Selain itu, bentuk telinganya juga sangat sederhana yaitu berbentuk tegak ke selebah dan ke depan. Adapun ekor dari kambing ini cenderung lebih tipis dan pendek dibandingkan dengan kambing-kambing biasa di Indonesia. Tanduk kambing saanen juga cukup menarik karena berdiri tegak melengkung ke belakang.

Kambing saanen jantan mampu tumbuh sampai sekitar 91 kg, dan tinggi mencapai 94 cm. Sedangkan untuk kambing saanen betina, beratnya berkisar antara 63 kg dan tinggi mencapai 81 cm.

Karakteristik lain dari kambing saanen ini yaitu memiliki temperamen yang lebih kalem dan tenang. Kawanan kambing saanen meskipun memiliki tanduk yang panjang dan melengkung, mereka jarang sekali bertengkar satu sama lain.

Di Indonesia, permintaan kambing saanen tiap tahun semakin bertambah. Hal tersebut karena kambing ini sangat produktif dalam berkembang biak. Setiap tahunnya, kambing saanen betina dapat menghasilkan 1 sampai 2 ekor.

Manfaat Susu Kambing Saanen bagi Kesehatan

Kualitas susu kambing saanen sangatlah baik dan kuantitasnya pun sangat melimpah. Setiap satu kambing saanen bisa menghasilkan sebanyak 3,8 liter susu setiap harinya. Kandungan lemak yang rendah yaitu 2,5 sampai 3 persen membuat susu kambing saanen ini digemari pecinta susu kambing.

Mengkonsumsi susu kambing saanen dapat mengobati alergi kulit dan beberapa organ tubuh lainnya. Selain itu, jika Anda memiliki darah rendah, maka sangat cocok untuk mengonsumsi susu kambing saanen. Selain itu, susu kambing ini juga bermanfaat bagi penderita penyakit asam lambung, karena mengandung mineral alkaline.

Harga Kambing Saanen

Setelah mengetahui ciri dan manfaat dari kambing saanen maka berikut ini adalah harga yang harus dibayarkan ketika Anda ingin merawat kambing saanen. Kambing saanen dewasa dijual dengan harga mulai dari Rp5.000.000. Jantan dan betina mulai dari Rp4.000.000. Adapun anakan kambing saanen biasanya dijual sekitar Rp2.500.000.

Harga kambing saanen memang tergolong lebih mahal karena biaya perawatannya dan proses budidaya kambing ini memang cukup mahal dan perlu perhatian yang ekstra.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini