Pengertian Follow Up, Fungsi dan Cara Melakukannya

Pengertian Follow Up, Fungsi dan Cara Melakukannya
info gambar utama

Kawan pernah mendengar istilah follow up di dalam pekerjaan mau bisnis yang sedang dijalanin?
Untuk yang sudah berkecimpung di dunia bisnis pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Istilah tersebut digunakan untuk untuk dilanjutkannya sebuah pekerjaan ke jenjang yang lebih pasti. Istilah yang berasal dari kata dalam bahasa Inggris ini secara garis besar bermakna menindaklanjuti.

Baik di dalam pekerjaan maupun di dalam bisnis, follow up memiliki makna yang cukup luas sekali. Untuk itu, yuk cari tahu apa itu follow up dari pengertian, fungsi dan bagaimana cara melakukannya.

Pengertian Follow Up

Jika mengartikannya secara langsung ke dalam bahasa Indonesia, follow up artinya tindak lanjut. Menurut Merriam Webster yang ada dari berbagai sumber, follow up jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia merupakan sebuah tindakan atau contoh tindak lanjut yang dilakukan seseorang.

Follow up sendiri merujuk pada sebuah tindakan untuk menindaklanjuti suatu aktivitas atau komunikasi. Di dalam konteks bisnis, follow up dapat berupa langkah-langkah untuk memastikan bahwa proses atau transaksi berjalan lancar, serta untuk mempertahankan hubungan yang baik dan positif dengan pelanggan.

Makna lain follow up adalah sebuah proses untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Atau dengan kata lain menindaklanjuti sebuah prospek menjadi seorang pelanggan.

Fungsi Follow Up

Di dalam dunia pekerjaan dan bisnis sendiri, follow up bukan hanya sekadar sebuah kata saja. Tetapi memiliki fungsi yang dapat mendatangkan sebuah keuntungan maupun menyelesaikan sebuah pekerjaan yang memiliki target. Berikut adalah 3 fungsi utama follow up:

  1. Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan
    Fungsi follow up yang pertama adalah untuk membantu membangun dan memelihara hubungan yang baik dan kuat dengan pelanggan. Tentunya, ini akan menciptakan rasa kepercayaan dan loyalitas dari seorang pelanggan untuk kita.

  2. Menjaga Kualitas Layanan untuk Pelanggan
    Dengan melakukan follow up, sebuah bisnis dapat memastikan bahwa pelanggan puas dengan layanan yang diberikan maupun produk yang mereka terima, bahkan dapat mengatasi sebuah masalah dengan cepat jika ada.

  3. Membantu Meningkatkan Penjualan
    Follow up jika dilakukan dengan cara yang tepat tentu dapat menjadi sebuah kesempatan untuk memperkenalkan produk atau layanan baru kepada pelanggan setia, meningkatkan peluang penjualan tambahan serta mendapatkan testimoni yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial yang baru.

Cara Melakukan Follow Up

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari follow up, Kawan juga harus memahami bagaimana cara melakukan follow up yang efektif sehingga tidak mengganggu dan membuat risih pelanggan atas kehadiran kita.

  1. Jadwalkan Follow Up Terlebih Dahulu
    Langkah yang harus dilakukan pertama kali sebelum melakukan proses follow up yaitu menentukan jadwal follow up yang sesuai, baik itu setelah proses penjualan, penerimaan produk maupun setelah pertemuan penting dengan pelanggan. Hal ini bisa membantu Kawan agar tetap terorganisir ya.

  2. Lakukan Komunikasi Secara Personal
    Dalam melakukan sebuah follow up, Kawan dapat menggunakan informasi yang dimiliki tentang pelanggan untuk membuat pesan follow up yang personal dan relevan dengan mereka. Hal ini akan menciptakan kesan bahwa Kawan peduli dan memperhatikan kebutuhan yang sesuai dengan mereka.

  3. Jangan Hanya Gunakan Satu Saluran Komunikasi
    Ada banyak saluran komunikasi yang bisa Kawan manfaatkan untuk mem-follow up pelangga. Kawan bisa memanfaatkan email, panggilan telepon, pesan teks atau bahkan mengadakan pertemuan langsung untuk melakukan follow up. Pilihan saluran komunikasi ini tentu harus disesuaikan dengan preferensi pelanggan ya.

  4. Memberikan Sebuah Penawaran Tambahan
    Saat Kawan melakukan follow up, bisa juga untuk menawarkan informasi atau sumber daya yang dapat memberikan nilai tambahan kepada pelanggan, seperti artikel informasi terbaru atau diskon khusus untuk pelanggan setia.

Nah, itu adalah pengertian, fungsi dan bagaimana cara melakukan follow up. Semoga membantu agar Kawan semakin mantap dalam melakukan follow up di bisnis maupun di pekerjaan ya Kawan!

Kawan ada cara tersendiri jika ingin melakukan follow up? Yuk komen!

Referensi:

https://finance.detik.com/solusiukm/d-6289270/arti-follow-up-dalam-pekerjaan-fungsi-dan-cara-melakukannya
https://www.hitoko.co.id/blog/Apa-arti-follow-up/
https://toffeedev.com/blog/business-and-marketing/apa-itu-follow-up/
https://plus.kapanlagi.com/arti-follow-up-dalam-dunia-bisnis-beserta-pentingnya-dan-cara-melakukannya-0f3eb8.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini