10 Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia

10 Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia
info gambar utama

Kawan GNFI, berbicara soal film Indonesia, memang tak bisa dilupakan dari sejarah produksi film itu sendiri. Dalam beberapa catatan yang dirangkum tim GNFI dalam infografik di atas, ada nama-nama film seperti ''Loetoeng Kasaroeng'' yang diproduksi pada 1926, kemudan diikuti film ''Eulis Atjih'' dan ''Lily van Java'' yang beruntun diproduksi pada 1927 dan 1928.

Uniknya film-film masa lampau menceritakan soal patriotik, perang kemerdekaan, maupun percintaan klasik di masa penjajahan. Dan tentunya, campur tangan kolonial masih ada di sana.

Film Loetoeng Kasaroeng misalnya, meski diproduksi dan disutradarai oleh pembuat film Belanda, film ini merupakan film pertama yang dirilis secara komersial yang melibatkan aktor Indonesia.

Meski begitu, perkembangan soal film nasional boleh dibilang tumbuh pesat dengan hadirnya sutradara-sutradara kawakan serta pemeran yang memegang penting karakter perfilman Indonesia.

Hingga pada akhirnya film Indonesia bisa berdiri secara mandiri dan diproduksi oleh anak-anak negeri. Bahkan, tak sedikit film produksi nasional yang masuk dalam nominasi atau daftar film-film kelas dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini