Era Baru Pemanfaatan Internet di Indonesia

Era Baru Pemanfaatan Internet di Indonesia

Makin cepatnya koneksi internet, membuat semua hal yang berhubungan dengan internet makin mudah diakses.

Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus, berikut kemampuan remote control, berbagi data dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia fisik yang kita gunakan sehari-hari.

IoT adalah terhubungnya berbagai perangkat (hardware dan software) melalui internet. Perangkat yang terhubung dengan internet tidak hanya komputer, laptop, smartphone, tapi juga kendaraan bermotor (mobil atau motor), kulkas, mesin cuci, microwave, pendingan ruangan (AC), pintu rumah, pagar rumah, dan lain-lain

Potensi pasar IoT di Asia Pasifik (termasuk Indonesia) sangat besar. Pada 2015, jumlah perangkat yang terhubung dengan internet (IoT) di Asia Pasifik sekitar 3,1 miliar perangkat dan diproyeksikan akan bertambah menjadi 8,6 miliar perangkat pada 2020. Data IDC (International Data Corporation)

Rata-rata kecepatan internet puncak Indonesia sudah mencapai peringkat 6 dunia (79,8 Mb/s) memungkinkan IoT bisa dilaksanakan dengan optimal.

Telkom Group menggarap potensi bisnis IoT ini antara lain adalah komitmen untuk menyediakan akses internet supercepat di seluruh Nusantara, baik dengan membangun jaringan kabel serat optik maupun jaringan seluler melalui anak usahanya, PT Telkomsel.

Telkom juga telah mempersiapkan Living Lab Smart City Nusantara, untuk percepatan implementasi teknologi informasi (Smart City) bagi pemerintah daerah di seluruh Indonesia demi menghadirkan pemerintahan yang cerdas, seperti Smart Government, Smart Education, Smart Healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen.

Sedangkan PT Telkomsel, selain menyiapkan akses internet seluler supercepat di seluruh Tanah Air, juga akan menyinergikan produk IoT-nya. Salah satu produk Telkomsel yang akan disinergikan adalah T-Drive, sebuah perangkat on board device (OBD) yang terpasang di kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai indikator kecepatan, temperatur, dan tangki bahan bakar yang dapat dimonitor secara jarak jauh.

Sementara itu, PT PINS Indonesia, anak usaha Telkom yang bergerak di bidang premises integration services fokus pada pendistribusian dan pengelolaan berbagai produk IoT dalam Telkom Group.

PINS Indonesia juga telah mempersiapkan diri untuk mengembangkan komponen IoT, seperti platform hardware dan software, gateway, sensor pendukung serta menyediakan end point service.

Terima kasih telah membaca sampai di sini