Indonesia, Menuju Takhta E-Commerce Asia Tenggara

Indonesia, Menuju Takhta E-Commerce Asia Tenggara

Indonesia dan Singapura diprediksi akan bersaing keras menjadi pusat E-Commerce Asia Tenggara. Pada 2018 akan ada 350 juta pengguna internet di Asia Tenggara dengan potensi E-Commerce di 2020 sekitar US$ 30 miliar - US$ 40 miliar.

Saat ini Singapura masih menjadi favorit bagi pemain digital bermarkas, dimana dalam periode 2010-2016 investasi E-Commerce mencapai US$ 3,3 miliar disusul Indonesia sebesar US$ 894 juta. Indonesia bisa menjadi penguasa E-Commerce di Asia Tenggara dengan ekosistem regulasi dan logistik yang kuat, akses ke pemodal yang mudah, dan dukungan pemerintah. Indonesia sendiri memiliki talent pool yang cukup baik

Pemerintah Indonesia memiliki ambisi menjadikan negeri ini sebagai energi digital Asia. Presiden Joko Widodo menyatakan untuk mengelola negara sebesar Indonesia dengan 252 juta penduduk, yang tersebar di 17 ribu pulau, maka digitalisasi adalah sebuah keniscayaan. 

Terima kasih telah membaca sampai di sini