Jakarta Unggul dalam Indeks Aktivitas Literasi Membaca di Indonesia

Jakarta Unggul dalam Indeks Aktivitas Literasi Membaca di Indonesia
info gambar utama

Berdasarkan empat dimensi tolok ukur dari Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, tercatat dimensi kecakapan membaca masyarakat Indonesia menjadi yang terbaik ketimbang tiga dimensi lainnya.

Meski begitu, memang tak bisa dimungkiri bahwa secara umum tingkat aktivitas literasi masyarakat Indonesia soal membaca masih tergolong rendah.

Empat dimensi itu antara lain, dimensi kecakapan, dimensi akses, dimensi alternatif, serta dimensi budaya.

Untuk menyelaraskan pencapaian antar-dimensi tadi, Penelitian Pemeringkatan Literasi Melalui Indeks Literasi Nasional berupaya untuk memetakan tingkat aktivitas literasi pada 34 provinsi di Indonesia, sehingga menghasilkan Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Indeks Alibaca).

Berdasarkan data yang terangkum seperti diterjemahkan dari laman Kemendikbud, tercatat ada 10 wilayah dari 34 provinsi di Indonesia dengan pencapapaian terbaik terkait Alibaca.

Jakarta menjadi provinsi dengan pencapaian tertinggi tingkat literasi dengan pencapaian skor 58,16, kemudian disusul Yogyakarta dengan skor 56,20.

Dalam laman CNN Indonesia (23/11/19) dikabarkan bahwa Pemprov DKI memang menunjukkan kesungguhannya untuk meningkatkan semangat dan kebiasaan membaca. Hal itu diwujudkan melalui program unggulan perpustakaan kecil (microlibrary) bernama Pojok Baca di ruang publik.

Pada fasilitas itu, masyarakat Jakarta dapat menyempatkan membaca buku di sela-sela aktivitasnya. Bahkan disebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada ragam kesempatan hadir di ruang publik itu untuk membaca.

Sementara pada beberapa daerah di luar Jawa, seperti Kepulauan Riau secara mengejutkan berhasil mendapatkan peringkat ketiga dengan skor 54,76. Kemudian ada Kalimantan Timur skor 46,01.

Hal yang mengejutkan datang dari Provinsi Banten dan Jawa Barat yang meraih peringkat juru kunci, yakni berada pada urutan 8 dan 10. Masing-masing meraih statistik dengan skor 40,81 dan 39,47.

---

Sumber: Kemendikbud.go.id | CNN Indonesia

Terima kasih telah membaca sampai di sini