Mengenal Soegondo Djoyopoespito, Pemimpin Kongres Pemuda Indonesia 1928

Mengenal Soegondo Djoyopoespito, Pemimpin Kongres Pemuda Indonesia 1928
info gambar utama

Soegondo Djoyopoespito, lahir di Tuban, Jawa Timur, 22 Februari 1905, adalah tokoh pemuda tahun 1928 yang memimpin Kongres Pemuda Indonesia Kedua dan menghasilkan Sumpah Pemuda, dengan motto: Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa: Indonesia.

Kongres Pemuda 1928 yang berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta, menghasilkan Sumpah Pemuda 1928. Kala itu para pemuda setuju dengan Trologi: Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa: Indonesia.

Selain trilogi itu, juga telah disepakati soal lagu kebangsaan ''Indonesia Raya'' yang diciptakan Wage Rudolf Supratman. Karena Kongres dijaga oleh Polisi Hindia Belanda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (misalnya Kongres dibubarkan atau para peserta ditangkap), maka Sugondo secara elegan dan diplomatis dengan bisik-bisik kepada WR Supratman dipersilahkan memperdengarkan lagu Indonesia Raya dengan biolanya.

Pada tahun 1978, Soegondo wafat yang kemudian dimakamkan di Pemakamam Keluarga Besar Tamansiswa Taman Wijayabrata di Celeban, Umbulharjo, Yogyakarta.

Terima kasih telah membaca sampai di sini