Tanaman yang Kerap Terabaikan Ini Ternyata Memiliki Banyak Khasiat

Tanaman yang Kerap Terabaikan Ini Ternyata Memiliki Banyak Khasiat
info gambar utama

Di Indonesia, para penjual hewan jangkrik sangat memperhatikan tanaman widuri karena sangat bermanfaat untuk pakan jangkrik.

Di negara lain, seperti Hawai, bunga widuri dianggap sebagai bunga yang eksotis, dan rangkaian bunga digunakan untuk menyambut tamu, serta mengantar tamu pulang.

Widuri masuk dalam keluarga apocynaceae dengan nama ilmiah Calotropis gigantea, ini memiliki ciri batang bulat, berkayu silindris, dan berwarna putih gading, atau putih tulang dengan permukaan halus.

Tak hanya itu, daun yang dimiliki widuri memiliki panjang 8-20 sentimeter berdaun tunggal, dan tangkai daun terbilang pendek.

Ciri lainnya ialah bunganya berwarna putih ungu dengan lapisan lilis berbentuk seperti payung, kelopaknya berwarna hijau, dan warna mahkotanya putih sedikit keunguan.

Widuri juga memiliki buah berbentuk bulat telur berwarna hijau. Tanaman ini akan mengeluarkan getah jika “dilukai”.

Getah tersebut berwarna putih, dan rasanya pahit tapi lama-lama terasa manis. Namun, jangan sekali mencobanya karena beracun.

Berbeda dengan getahnya yang memiliki racun jantung menyerupai digitalis, bagian tanaman widuri memiliki kandungan saponin, flavonida, polifenol, tannin, dan kalsium oksalat.

Sementara akarnya mengandung zat sapogenin, kalotropin, uskarin, kalotoksin gigantic, kalaktin, dan harsa.

Kandungan zat yang terkandung dalam widuri tidak bisa diabaikan. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui bahwa widuri ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Terima kasih telah membaca sampai di sini