Lupa Sandi?
Ads Telkom Indonesia Single Infografis

Uniknya "Angkot" Indonesia

0 Komentar
Uniknya "Angkot" Indonesia
Dewasa ini kian banyak jenis angkutan massal yang menjadi moda transportasi masyarakat, baik di Ibu Kota maupun di daerah. Angkutan publik "Angkot" sendiri menjadi salah satu primadona rakyat sejak zaman ‘kuda gigit besi’.
 
Sejarah singkat angkutan umum (angkot) di Indonesia berawal sejak era pendudukan Jepang, 1943. Saat itu, pemerintahan militeris Jepang membentuk dua institusi angkutan berbayar, yakni : Jawa Unyu Zigyosha berupa kendaraan truk, gerobak atau cikar (sejenis dokar) dan Zidosha Sokyoku, kendaraan dengan mesin bermotor dan bus.

Ketika Jepang menyerah dan Republik Indonesia Merdeka, dua institusi itu diambil alih Djawatan Perhubungan (kini Kementerian Perhubungan) dan diubah namanya. Jawa Unyu Zigyosha menjadi Djawatan Pengangkoetan yang dikhususkan untuk angkutan barang, Zidosha Sokyoku menjadi Djawatan Angkutan Darat untuk penumpang.

Kedua Djawatan ini pun digabungkan pada 25 November 1946 menjadi Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Damri), yang hingga kini masih beroperasi di berbagai daerah di Indonesia.

Pilih BanggaBangga51%
Pilih SedihSedih1%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi7%
Pilih TerpukauTerpukau13%
Laporkan Infografis

Mengapa Ingin Melaporkan Infografis Ini?

Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas