Hitung Mundur

Batas Unggah Karya

Latar Belakang

Selain memicu cemas yang luas, pandemi ini nyatanya menghasilkan solidaritas.

Kini kita sadari, milik kita yang paling berharga ternyata adalah kemanusiaan. Banyak orang ingin bisa ikut berkontribusi, bersama-sama mengatasi situasi sulit ini. Meringankan beban sesama. Dengan apapun yang mereka bisa.

Beragam pesan dalam berbagai format dan kemasan dibuat, diedarkan, diamplifikasi. Baik untuk edukasi, menghibur, menyemangati, atau menunjukkan solidaritas

Lagu sebagai salah satu medium bisa menjadi salah satu di antaranya. Lagu juga menjadi format yang unik, apalagi kalau banyak orang yang terlibat membuat lagu dan menyebarkannya untuk menyuarakan dukungan, saling menyemangati, dan solidaritas.

Inilah yang membuat GNFI, bersama komunitas penulis lagu “Distorsi Music Indonesia” menggulirkan kampanye sekaligus gerakan ini.

#LaguUntukIndonesia

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan ketentuan yang harus disetujui jika Anda ingin mengikuti gerakan ini

Karya:

  1. Karya adalah orisinal buatan peserta (perorangan maupun kelompok)
  2. Dapat menggunakan alat musik apapun
  3. Masih merupakan lagu mentah (tidak harus diaransemen penuh)
  4. Genre musik bebas
  5. Berbahasa Indonesia atau Bahasa Daerah
  6. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu lagu

Unggah Karya:

  1. Lagu diunggah melalui media sosial Instagram atau Facebook masing-masing peserta (akun tidak di-private) selama program berlangsung
  2. Disertai hashtag #laguuntukindonesia dan #luicovid19, untuk unggahan melalui Instagram tag akun Instagram @GNFI dan @distorsi_mi, untuk unggahan melalui Facebook tag halaman Good News From Indonesia (@goodnews.id) dan Distorsi Music Indonesia (@DistorsiMusicIndonesia)
  3. Unggahan berbentuk video (teknik video dan kreatifitas tidak diberi batasan, terpenting lagu terdengar jelas dan bisa dipahami oleh pendengar) — video tidak dipertimbangkan dalam proses pemilihan lagu terbaik
  4. Disertai caption untuk mengungkapkan dukungan atau ajakan terhadap penanggulangan COVID-19
  5. Bagi pengguna akun Instagram, apabila durasi lagu lebih dari satu menit, unggahan menggunakan Instagram TV (IGTV)

Tema dan Sasaran Lagu:

  1. Menyemangati dan terima kasih pada mereka yang berjuang di garis depan, tenaga kesehatan, aparat keamanan, dan petugas-petugas lainnya yang bekerja ekstra dan penuh risiko di masa sulit ini.
    Contoh:
  2. Menyemangati semua orang untuk bersatu, bahu-membahu, membangun solidaritas, dan yakin kita mampu melewati ini bersama.
    Contoh:
  3. Edukasi tentang penanggulangan COVID-19, baik untuk pribadi, keluarga, maupun komunitas/lingkungan.
    Contoh:
Berkaitan Dengan

Kurasi dan Apresiasi

Bagaimana karya peserta dinilai
Kurasi
Kurasi dilakukan untuk memilih lagu-lagu yang dinilai baik.
Daftar lagu yang telah masuk dan siap dikurasi dapat dilihat pada tautan berikut: https://www.distorsimusic.id/lagu-untuk-indonesia
Apresiasi
Setiap pekan akan dipilih 2-5 lagu untuk diamplifikasi di akun @GNFI, sehingga diharapkan lebih banyak dan luas publik yang mendengarkan.
Ke Depannya
Setelah COVID-19 berlalu, 20 lagu terpilih akan diaransemen, diisi vokal oleh penyanyi, dan dikompilasi menjadi album; kemudian disebarkan ke publik dan para pemangku kepentingan terkait sebagai jejak karya budaya yang lahir selama masa pandemik COVID-19 di Indonesia.

Kolaborasi

#LaguUntukIndonesia adalah sebuah kampanye yang menyuarakan semangat, optimisme, dan harapan baik di tengah pandemi yang sedang mendera dunia dan Indonesia.

Kampanye ini bersifat terbuka dan tidak eksklusif. Siapapun dapat bergabung, mendukung, dan ikut menyebarluaskan dukungan terhadap penanggulanan COVID-19 di Indonesia melalui kampanye ini.

Apabila Anda merasa kampanye ini sesuai dengan nilai-nilai dan misi baik organisasi/komunitas Anda, tak ada ruginya untuk kita jalankan bersama-sama.

Silakan hubungi kami di kontak kami berikut ini:

Gerakan ini

Kolaborasi Antara

  • GNFI
  • Distorsi Music Indonesia