Pernahkah GoodMates mengeklik judul berita dan merasa dibohongi karena isi berita berbeda jauh dengan tajuknya? Itulah clickbait, sebuah fenomena di bidang jurnalisme yang marak terjadi dan kian berkembang seiring masifnya pemberitaan berbasis internet. Kabar baiknya, clickbait bisa dikenali agar terhindar dari jebakan merugikan tersebut.
Clickbait ramai ditemukan di media online. Penelitian Hadiyat (2019) berjudul Clickbait di Media Online Indonesia mengatakan bahwa clickbait digunakan oleh media supaya pembaca tertarik mengeklik judul tersebut. Clickbait dijadikan sebagai strategi naratif untuk mengumpulkan pembaca agar statistik kunjungan (views) ke media tersebut meningkat.
Dalam arti lain, clickbait merupakan salah satu strategi media, khususnya media online, untuk mencari keuntungan. Pada dasarnya, strategi ini tidak salah karena bagaimanapun media membutuhkan pembaca yang banyak untuk menghidupi sisi ekonomi media. Namun, tidak sedikit media yang keliru dalam menggunakan clickbait, sehingga sering kali menjebak pembaca.
Baca Selengkapnya