Daftar Wilayah dengan Waktu Tunggu Haji Terlama di Indonesia, Ada yang Lebih dari 90 Tahun

Artikel ini milik GoodStats dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Daftar Wilayah dengan Waktu Tunggu Haji Terlama di Indonesia, Ada yang Lebih dari 90 Tahun
info gambar utama

Baru-baru ini, warganet Indonesia dibuat ramai karena waktu tunggu keberangkatan haji di sebagian besar wilayah di Indoneia menunjukkan estimasi yang semakin lama. Data tersebut dapat diakses secara terbuka melalui situs resmi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Bahkan, terdapat tiga wilayah yang memiliki estimasi waktu tunggu keberangkatan haji yang mencapai lebih dari 90 tahun. Berdasarkan penelusuran GoodStats pada Minggu (19/6), ketiga wilayah tersebut adalah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, antara lain Kabupaten Bantaeng (96 tahun), Kabupaten Sidrap (93 tahun), dan Kabupaten Pinrang (90 tahun).

Selain itu, terdapat lima wilayah yang memiliki waktu tunggu estimasi keberangkatan di angka 80-an tahun. Keempat wilayah tersebut juga berada di Provinsi Sulawesi Selatan, antara lain Kabupaten Wajo (86 tahun), Kota Parepare (83 tahun), Kota Makassar (83 tahun), dan Kabupaten Jeneponto (82 tahun). Sementara sisanya merupakan kota di Kalimantan Timur, yakni Kota Bontang (81 tahun).

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini