Energi Angin Menjadi Sumber Energi Alternatif Terbersih

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Energi Angin Menjadi Sumber Energi Alternatif Terbersih
info gambar utama

Ada beberapa sumber energi alternatif yang dapat diperbarui, mulai dari air, angin, matahari, dan biomassa. Sumber energi alternatif yang murah dan tidak mengakibatkan polusi adalah energi angin. Angin adalah energi alternatif yang terus diperbarui secara alami. Dilansir dari National Geographic, angin terbentuk dari matahari yang tidak memanaskan permukaan bumi secara merata. Sehingga, udara panas naik dan udara dingin masuk ke bawahnya untuk menggantikan udara yang naik. Pergantian udara tersebutlah yang mengakibatkan angin. Sederhananya, angin akan terus ada selama matahari menyinari bumi. Hal tersebut membuat angin menjadi barang bebas yang tidak akan habis.

Angin disebut sebagai sumber energi alternatif terbersih karena menimbulkan dampak buruk yang lebih sedikit daripada sumber energi alternatif lainnya.

Tidak Menghasilkan Polusi

Penggunaan energi angin melalui turbin angin tidak menghasilkan emisi karbon dioksida, gas rumah kaca, dan senyawa kimia berbahaya. Artinya, penggunaan energi angin tidak mengemisikan polusi, tidak mencemari tanah, air, ataupun udara. Namun, bukankah energi matahari dan air juga tidak mengemisikan karbon dioksida? Penggunaan energi matahari dan air sebagai pembangkit listrik memang tidak mengemisikan karbon dioksida, namun memberikan dampak buruk lainnya.

Penggunaan energi matahari dilakukan oleh sel dan panel fotovoltaik yang terbuat dari beragam senyawa kimia berbahaya.

Sel dan panel fotovoltaik yang sudah tidak dipakai sulit di degradasi dan dapat mencemari lingkungan melalui senyawa berbaha (misalnya kadmium) yang berada di dalamnya. Lalu, penggunaan sumber energi alternative air. Air dimanfaatkan dengan membuat reservoir berupa bendungan. Dilansir dari U.S. Energy Information Administration, bendungan dapat menghalangi migrasi ikan, mengubah suhu alami dan kandungan kimia air, mengubah karakteristik sungai, dan menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem yang luas. Hal tersebut membuat penggunaan energi angin dinilai lebih bersih daripada penggunaan energi matahari dan juga air.

Hanya Menggunakan Sedikit Lahan

Pembangkit listrik berenergi angin cenderung menggunakan lebih sedikit lahan daripada pembangkit listrik tenaga alternatif lainnya. Turbin angin ini dapat dibangun di lahan pertanian ataupun peternakan karena hanya menggunakan sebagian kecil lahan. Lahan di sekitar turbin angin juga tetap dapat digunakan secara fungsional sebagai pertanian ataupun peternakan karena tidak terganggu dengan keberadaan turbin angin.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini