Hasilkan Listrik dan Pangan, Inilah Agrivoltaic

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Hasilkan Listrik dan Pangan, Inilah Agrivoltaic
info gambar utama

Dewasa ini permasalahan di dunia ini makin kompleks, contohnya di bidang energi dan pangan. Seiring dengan bertambahnya penduduk di bumi ini para peneliti mengkhawatirkan tentang adanya krisis mengenai pangan nantinya. Selain itu ancaman perubahan iklim pun sedang dihadapi oleh bumi ini.

Para peneliti memutar otak untuk mengatasi kedua ancaman ini seefektif mungkin. Dengan ditemukannya terobosan agrivoltaic, para peneliti menyebutkan bahwa hal ini merupakan kabar baik untuk dunia pangan dan energi di dunia ini.

Agrivoltaic sendiri merupakan kombinasi dari sistem agrikultur dan fotovoltaic. Agrivoltaic sendiri memiliki tiga konsep dalam pengembangannya yakni menempatkan panel surya pada area lahan yang kosong di area pertanian, lalu menjadikan sebuah atap pada sebuah greenhouse dan yang terakhir dibangun diatas struktur penunjang dan untuk penyusunan panel suryanya sendiri pun memperhatikan sinar matahari yang mengenai tanaman.

Penerapan agrivoltaic ini sendiri dapat menjadi alternatif pada daerah yang memiliki terik matahari yang cukup tinggi karena dapat mengurangi kadar air dalam tanah sehingga menurunkan persentase gagal panen yang disebabkan tanah yang terlalu kering, selain itu hal ini juga dapat menghemat konsumsi air pada pertanian karena penguapan air dalam tanah yang tidak terlalu cepat.

Kedua hal ini menghasilkan sebuah simbiosis mutualisme dimana dapat meningkatkan efisiensi lahan hingga 186%, selain itu seorang peneliti di Jepang yakni Sekiyama mengatakan bahwa hasil pertanian jagungnya meningkat sebesar 6% dikarenakan menerapkan sistem agrivoltaic ini, beliau menuturkan hal ini disebabkan berkurangnya air yang menguap pada tanah ketika musim panas tiba.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini