Jumlah PNS Menurun, Apa Penyebabnya?

Artikel ini milik GoodStats dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Jumlah PNS Menurun, Apa Penyebabnya?
info gambar utama

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu bidang pekerjaan yang paling diidam-idamkan. Jaminan hari tua dan sejahtera selalu menjadi alasan pekerjaan ini banyak diincar oleh pada pekerja. Selain itu, sebagian dari masyarakat di Indonesia percaya bahwa bekerja menjadi PNS dapat mengangkat status sosial atau derajat keluarga.

Namun, kini pernyataan tersebut sepertinya tidak lagi relevan. Terlihat total pendaftaran Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada bulan Juli 2022 lalu menurun dari tahun sebelumnya. Pendaftar CASN tahun 2022 dinilai belum mencapai target, jumlah pendaftar hanya sejumlah 4 juta orang, angka ini turun dari tahun dari 2020 mencapai 4,2 juta orang.

Banyak pihak mengatakan hal tersebut menjadi salah satu tanda menurunnya minat generasi muda terhadap karier instansi pemerintahan. Generasi muda dari generasi milenial hingga gen Z memang masih menganggap karir menjadi PNS adalah pekerjaan ideal, tetapi banyak dari mereka lebih memilih untuk bekerja di sektor swasta atau berbisnis.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini