Kang Ibing Pelawak Sunda Legendaris Asal Sumedang

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Kang Ibing Pelawak Sunda Legendaris Asal Sumedang
info gambar utama

Generasi milenial tahu dong pelawak legendaris yang kerap disapa Kang Ibing? Seniman serba bisa yang bernama asli Raden Kusmayatna Kusumahdinata ini lahir di Sumedang loh, pada tanggal 20 Juni 1946.

Kariernya di dunia hiburan berawal sebagai pembawa acara “Obrolan Rineh” di Radio Mara Bandung. Gaya bicaranya yang berintonasi khas Sunda membuat acara yang sarat dengan kritik sosial ini dapat menjadi lebih menarik dan terkesan kocak sekaligus santai. 

Kang Ibing yang saat menjadi mahasiswa jurusan Sastra Rusia pada Fakultas Sastra di Universitas Padjadjaran pernah menjabat sebagai Ketua Kesenian Daya Mahasiswa Sunda (DAMAS) dan Penasihat Departemen Kesenian Unpad ini pun semakin dikenal luas khususnya oleh para pecinta Radio Mara.

Tahun 1970 Kang Ibing membentuk grup lawak bernama De Kabayan bersama; Aom Kusman, Suryana Fatah, Wawa Sofyan dan Ujang. Setiap personil dalam De Kabayan menampilkan ciri khas tersendiri yang mewakili etnis tertentu. 

Kang Ibing sendiri menggambarkan sosok seorang Sunda bernama Kang Maman alias Ibing, lengkap dengan peci dan kain sarung yang selalu tersampir di pundaknya. Grup lawak tersebut mendapat tempat bukan hanya dalam hati masyarakat Jawa Barat saja, melainkan juga masyarakat Indonesia pada umumnya.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini