Keren! 4 Kampus Ini Sudah Punya Bus Listrik

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Keren! 4 Kampus Ini Sudah Punya Bus Listrik
info gambar utama

Dalam rangka menerapkan gerakan green campus, beberapa perguruan tinggi tengah gencar menyediakan green transportation di lingkungan kampusnya. Hingga tahun 2022, setidaknya telah ada 4 kampus yang telah memiliki bus listrik dan beberapa sudah beroperasi di lingkungan kampus.

1. Trans Gadjah Mada – Universitas Gadjah Mada

Trans Gadjah Mada menjadi moda transportasi internal kampus yang diresmikan pada 2022. Pengadaan bus listrik ini, menurut Ir. Panut Mulyono selaku Rektor UGM saat itu, berasal dari dukungan berbagai pihak. “Bus ramah lingkungan ini dapat direalisasikan atas dukungan dari Menko Perekonomian, Menhub, dan Tahir,” kata Mulyono.

Trans Gadjah Mada beroperasi di dua jalur, yakni kawasan timur dan barat kampus UGM dengan 1 buah armada pada masing-masing jalurnya. Masing-masing bus listrik ini mampu membawa sekitar 20 orang penumpang sekaligus. Sementara operasional bus dibuka tiap hari kerja mulai hari Senin hingga Kamis pada pukul 06.30 hingga 16.16 WIB. Setiap halte dilewati setiap 60 menit sekali. “Satu halte dilewati tiap 60 menit. Jika nantinya bus ditambah, waktu tunggunya bisa sampai 30 menit saja,” tambah Mulyono.

Setiap hari, bus tersebut akan mengelilingi area kampus yang didukung oleh 35 halte dan terintegrasi dengan jalur pedestrian, stasiun sepeda, kantong parkir, dan beberapa halte Trans Jogja. UGM juga menyediakan Aplikasi Trans Gadjah Mada yang diperuntukkan bagi civitas academica UGM yang ingin melihat informasi rute dan lokasi halte bus, serta untuk melacak posisi bus listrik secara realtime.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini