Lagi dan Lagi, Harta Karun Ini Berlimpah Di Indonesia

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Lagi dan Lagi, Harta Karun Ini Berlimpah Di Indonesia
info gambar utama

Memasuki tahun 2023 dunia makin gencar dengan pengadaan energi baru di tiap belahan dunia. Dan hingga saat ini panel surya masih menjadi idaman negara-negara dunia dalam menyediakan pasokan energi bersih bagi negara mereka.

Memiliki banyak kelebihan merupakan alasan utama negara-negara di dunia saat ini memilih menggunakan panel surya sebagai jalan alternatif utama dalam melaksanakan proses transisi energi. Dan Indonesia pun kini makin merebak pembangkit-pembangkit yang menggunakan panel surya dan juga proyek-proyek baru tentang pengadaan pembangkit listrik kini pun telah beralih ke panel surya, hal ini tak lain karena potensi energi surya mencapai 4,80 kWH/m2/harinya.

Dalam panel surya sendiri pun menggunakan bahan baku utamanya yaitu silikon yang mana dapat ditemukan di pasir kuarsa. Menurut data yang dirilis oleh KESDM tahun 2021,potensi yang dimiliki Indonesia untuk pasir kuarsa sendiri mencapai 25 milyar ton dan juga jumlah cadangannya hingga 330 juta ton. Sumber daya ini tersebar dari Aceh hingga Papua Barat di sekitar 23 provinsi di Indonesia.

Hal ini yang mendasari program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB) yang diketuai oleh Dr. Eng. Syafrizal, yang beranggotakan Dr. mont. Andy Yahya Al Hakim dan Arie Naftali Hawu Hede, Ph.D., melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mengusung tema “Karakterisasi Endapan Pasir Kuarsa dan Kemungkinan Pemanfaatannya sebagai Bahan Baku Sel Surya.”

Kegiatan ini pun menggandeng beberapa pihak terkait mulai dari Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung, Universitas Palangkaraya, SMAN 1 Pangkalpinang, PT Sumber Energi Sukses Makmur, PT Mitra Persada Resources, serta PT Timah Tbk.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini