Masih Ingat Dong, Permainan Cingciripit!

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Masih Ingat Dong, Permainan Cingciripit!
info gambar utama

Bagi wargi Sumedang yang lahir di tahun 90-an, Cingciripit merupakan permainan yang kerap dimainkan. Apalagi jika kondisi saat membosankan dan tidak ada benda yang bisa dimainkan, maka disanalah cingciripit dipraktekan. Bagaimana tidak, permainan ini merupakan permaian yang sangat mudah dimainkan, tidak banyak modal yang kita butuhkan. Kita hanya perlu mempersiapkan jari-jari dan lagu pengiring untuk memainkannya.

Masih pada hafal dong lagu pengiring cingciripit wargi Sumedang?

Cingciripit adalah permainan khas dari suku Sunda, Cingciripit dimainkan dengan cara meletakan jari ke telapak tangan kawan main, dengan diiringi lagu, jari kita ini disiapkan untuk diangkat, di mana bila lagu telah selesai, maka jari kita harus secepatnya diangkat, sementara kawan kita secepatnya pula untuk meremas jari tersebut.

Dijelaskan dalam buku Peperenian Urang Sunda, cingciripit bisa disebut kucing-kucingan atau permainan sentuh berlarian merupakan permainan berasal dari daerah Jawa Barat yang dimainkan dengan cara bernyanyi saat permainan dimulai.

Permainan ini dapat melatih ketangkasan, mengejar bagaimana memulai permainan dengan adil sekaligus memberi pesan bahwa jenis permainan apa pun harus dijalani dengan keceriaan dan tanpa beban.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini