Mengenal Inverter, Komponen Penting dalam Panel Surya

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Mengenal Inverter, Komponen Penting dalam Panel Surya
info gambar utama

Panel surya atau photovoltaic, tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa adanya komponen-komponen pembantu dalam penggunaan panel surya secara optimal. Komponen-komponen pembantu panel surya sangatlah penting, karena tanpa komponen tersebut tidaklah panel surya dapat menyala dan digunakan dengan baik. Salah satu komponen yang paling penting adalah inverter. Inverter merupakan komponen wajib dalam pemasangan panel surya skala rumah tangga maupun industri. Sobat EBT Heroes, mari mengenal inverter dan kegunaannya sebagai salah satu komponen panel surya.

Inverter merupakan sebuah teknologi perangkat elektronik yang merubah arus searah (DC) ke arah bolak-balik (AC).  Bentuk inverter biasanya kotak dengan dominasi warna cerah, bentuk inverter juga tergantung besar kecil inverter tersebut. Inverter adalah komponen wajib dari panel surya, karena tugas inverter ialah menyaring sinyal arus listrik DC yang telah dihasilkan menjadi arus AC. Arus AC dapat memasok listrik ke rumah maupun industri. Tanpa adanya inverter maka arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya tidak dapat mengalir dan digunakan sebagai pengganti listrik utama.

Tahukah Kamu! Kemiringan Panel Surya Memengaruhi Penyerapan Energi Matahari

Pasang Sistem Panel Surya Kini Bisa Melalui Aplikasi?

Sobat EBT Heroes, setelah mengenal inverter dan mengetahui wujud serta pengertian inverter. Ternyata inverter merupakan komponen penting dalam panel surya. Lalu, kapan inverter pertama kali ditemukan?

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini