PANTAI TIMUR DESA LAURAN, JADI PELUANG PENGEMBANGAN WISATA BAHARI

Artikel ini milik Media Tifa Tanimbar dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

PANTAI TIMUR DESA LAURAN, JADI PELUANG PENGEMBANGAN WISATA BAHARI
info gambar utama

Pantai Timur berada di kampung lama Desa Lauran Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Indonesia. Pantai Timur inilah  merupakan wilayah sekaligus menjadi tempat mata pencaharian warga Desa Lauran.

Untuk menuju pantai Timur, bagi pengunjung petualang bisa melewati jalur darat dengan menggunakan angkutan darat berupa motor dan atau mobil. Sedangkan melalui jalur laut bisa menggunakan long Boad dan atau perahu. Selain itu jarak tempuh untuk tiba di pantai timur dengan jalur darat dan laut hanya 4 km dari pusat Kota Saumlaki kurang lebih 10 menit menuju ke Desa Lauran, kemudian melanjutkan perjalanan ke arah timur, boleh saja melewati jalur laut maupun darat menuju pantai timur (Kampung Lama) Desa Lauran, itu pun tergantung kehendak para pengunjung dengan menempuh waktu kurang lebih setengah jam. Para Pengunjung petualang bisa leluasa mengendarai kendaran dari jalur laut bisa melihat indahnya pesisir pantai dan benar-benar menggoda karena disanalah akan terlihat bebatuan, pepohonan yang unik dan indah berjejer diatas bebatuan di sisi kanan kiri menuju ke pantai timur.

Jika melalui jalur darat akan terlihat jelas indahnya hutan yang terbentang luas disekitar kiri kanan jalan dan sebelum tiba di pantai timur akan melewati satu tempat bersejarah yang benar- benar sungguh sangat unik dan menarik perhatian para pengunjung yaitu Goa Bunda Maria merupakan tempat wisata rohani yang setiap saat dikunjungi oleh masyarakat alias umat baik dari kota maupun dari desa-desa sekitar, sesudah menikmati lokasi wisata rohani tersebut, para pengunjung melakukan perjalanan menuju pantai timur yang jaraknya hanya kurang lebih 200an meter sudah tiba di pantai timur yang begitu indah dan sangat menarik perhatian. ” Makin Tahu Indonesia.”

Tempat wisata bahari tersebut, tentu punya potensi kelautan memang sungguh luas dan berarti. Karena di lautlah wisata bahari dikembangkan secara luas. Antara lain untuk rekreasi, kesehatan, petualangan laut, menyelam (diving), selancar angin atau ombak (wind of wive surfing), ski air (water skiing), memancing (fishing) dan sebagainya. Apabila semua potensi itu dikelola dengan baik dan professional, maka dapat mensejahterakan masyarakat kelautan dan menambah pendapatan asli desa.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini