Penyebab, Dampak dan Solusi Pencemaran Air

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Penyebab, Dampak dan Solusi Pencemaran Air
info gambar utama

Air merupakan salah satu sumber daya alam terpenting bagi kehidupan. Dua pertiga dari permukaan bumi merupakan air. Bahkan sekitar 60-70 persen dari komponen tubuh manusia terdiri dari air. Saat ini, untuk mendapatkan air bersih sesuai dengan standar cukup sulit.

Hal ini dikarenakan tercemarnya air oleh berbagai macam limbah dari hasil kegiatan manusia yang menyebabkan kualitas dan kuantitasnya menurun. Untuk mengetahui suatu air sudah tercemar ditandai dengan adanya perubahan pada rasa, warna, hingga bau dari air di kawasan tersebut.

Masalah pencemaran air yang meluas ini membahayakan lingkungan dan kesehatan. Air yang tercemar membunuh lebih banyak orang setiap tahunnya. Namun, jangan putus asa terhadap ancaman kurangnya air bersih. Untuk lebih memahami masalah dan apa yang dapat dilakukan, berikut adalah penyebab, dampak, dan bagaimana kita dapat menanggulangi bahkan mencegah pencemaran air.

1. Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga merupakan limbah yang berasal dari hasil samping kegiatan rumah tangga, seperti rumah, pasar, perkantoran, rumah sakit, hotel, sekolah, rumah makan, dan sebagainya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Limbah rumah tangga dapat berasal dari bahan organik, anorganik, maupun bahan berbahaya dan beracun.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini