Perayaan Literasi Bias di Kandang Sendiri

Artikel ini milik Jurnaba dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Perayaan Literasi Bias di Kandang Sendiri
info gambar utama

Frekuensi gerakan literasi di Bojonegoro mengalami ketidakstabilan. Sebelum kita bahas kampanye literasi, mari kita pahami definisi literasi.

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Jika kita definisikan sederhana bahwa literasi selalu berevolusi sesuai dengan situasi dan kondisi perkembangan zaman.

Memang secara umum literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis. Saat itu juga, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Dan sudah merambah pada praktik kultural yang berkaitan dengan persoalan sosial dan politik.

Secara etimologis istilah literasi sendiri berasal dari bahasa Latin “literatus” yang dimana artinya adalah orang yang belajar. Dalam hal ini, literasi sangat berhubungan dengan proses membaca dan menulis.

Kalau kita membaca dari sebagian para ahli misal menurut Alberta, Literasi ialah kemampuan membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan ketrampilan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini