Potensi Using Cooking Oil (UCO) sebagai Bahan Baku Bioenergi di Indonesia

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Potensi Using Cooking Oil (UCO) sebagai Bahan Baku Bioenergi di Indonesia
info gambar utama

Indonesia dengan keanekaragaman hayati dan nabati di dalam nya menjadikannya negara dengan potensi sumber energi organik yang besar. Sumber daya alam tersebut dapat berupa biomassa yang menjadi salah satu sumber energi alternatif. Beberapa contoh sumber energi terbarukan yang tersedia melimpah di Indonesia ini adalah kelapa sawit, tanaman pangan, dan limbah perkotaan.

Berbagai hasil hutan dan pertanian menjadi komoditas utama dalam meningkatkan penggunaan biomassa di Indonesia Saat ini, perkebunan kelapa sawit menghasilkan proporsi terbesar dari jumlah total bioenergi yang dihasilkan di Indonesia, yaitu 38,8%, lebih banyak dari limbah sekam padi (30,8%), karet (8,5%), limbah perkotaan (6,3%), dan kayu (4,1%).

Namun, terdapat peluang lain dalam perkembangan bioenergi di Indonesia. Using cooking oil atau sering disingkat dengan UCO merupakan salah satu sumber bahan bakar biodiesel yang dapat dijadikan alternatif karena tidak berasal dari bahan pertanian langsung, tetapi berasal dari limbah pemakaian. Saat ini, perkebunan kelapa sawit menghasilkan proporsi terbesar dari jumlah total bioenergi yang dihasilkan di Indonesia, yaitu 38,8%, lebih banyak dari limbah sekam padi (30,8%), karet (8,5%), limbah perkotaan (6,3%), dan kayu (4,1%).

Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang hampir tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia. Penggunaan nya yang masif dari segala kalangan menjadikan nya salah satu potensi besar untuk dikembangkan menjadi sumber energi alternatif.

Hal itu terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) yang mencatat permintaan minyak goreng sawit, terutama dari kalangan rumah tangga cenderung meningkat setiap tahun. 

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini