Sumedang Pernah Dijuluki Jogja Kedua

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Sumedang Pernah Dijuluki Jogja Kedua
info gambar utama

Jika wargi Sumedang pernah melintas ke Darongdong, di Desa Buahdua Kecamatan Buahdua, pasti akan melihat Monumen Long March Siliwangi yang begitu megah, dengan relief-relief yang mengisah perjuangan dan perlawanan atas penjajah pada dinding-dindingnya.

Di Buahdua, Sumedang mempunyai sejarah yang kuat dengan Jogjakarta. Saking kuatnya ikatan sejarah yang ada, dulu Sumedang mendapat julukan Jogja Dua dalam bingkai negara NKRI. Sudah pernah mendengar sebelumnya wargi Sumedang?

Untuk mengenang peristiwa tersebut, di Darongdong dibangun sebuah monumen yang sangat megah seperti monumen Bandung Lautan Api. Kemegahan monumen tersebut terlihat kontras dengan suasana sekitarnya. 

Penasaran dong wargi Sumedang, bagaimana ceritanya Sumedang bisa disebut sebagai Jogja Dua? Baik, akan mimin akan ulas sedikit, menurut beberapa literatur. Wah, Makin Tahu Indonesia!

Dalam perjalanannya membentuk negara Indonesia sempat berubah menjadi negara Serikat yaitu Republik Indonesia Serikat (RIS). Dalam Republik Indonesia Serikat, Republik Indonesia hanya menjadi salah satu negara bagian, yang beribukota di Jogjakarta. Saat itu, 90% daerah Indonesia lain kembali jatuh ke tangan Belanda dalam bentuk negara boneka. Hanya RI yang beribukota di Yogyakarta lah yang benar-benar berdaulat.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini