Syekh Syamsuddin Betet: Jejaring Ulama Bojonegoro dan Lamongan

Artikel ini milik Jurnaba dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Syekh Syamsuddin Betet: Jejaring Ulama Bojonegoro dan Lamongan
info gambar utama

Syekh Syamsuddin Betet merupakan penyebar islam di wilayah Kasiman Bojonegoro periode awal 1800 masehi. Beliau juga penghubung jejaring ulama Bojonegoro dan Lamongan.

Syekh Syamsuddin merupakan ulama dzuriyah Syekh Abdul Jabbar dan Nyai Moyokerti Padangan. Beliau lahir di Bonang (sekarang Rembang). Syekh Syamsuddin tercatat pernah mukim dan berdakwah di beberapa tempat. Selain di Padangan dan Kasiman Bojonegoro, juga di Kedungpring Lamongan.

Tulisan ini lanjutan dari riset jejak leluhur yang kami lakukan demi menauladani sisi baik para pendahulu. Baik dalam hal ubudiyah ataupun muamalah.

Syekh Syamsuddin tak bisa dipisah dari jejaring ulama Fiidarinnur (ulama dzuriyah Mbah Jabbar dan Nyai Moyokerti Padangan) yang berdakwah pada 1700 – 1800 masehi. Syekh Syamsuddin berafiliasi dengan jejaring ulama Fiidarinnur di Klothok Padangan. Beliau berkoneksi dengan Syekh Abdurrohman Alfadangi dan Syekh Syihabuddin Alfadangi.

Di saat yang sama, Syekh Syamsuddin juga memiliki kiprah dakwah di Kedungpring Lamongan. Beliau berjejaring dan berkoneksi dengan Syekh Nurmaddin Kedungpring —- ulama penyebar islam di Lamongan. Syekh Nurmaddin adalah leluhur para masyayikh Ponpes Langitan Tuban.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini