Tradisi Upacara Ngalokat Walungan Cimanuk di Sumedang

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Tradisi Upacara Ngalokat Walungan Cimanuk di Sumedang
info gambar utama

Ada yang pernah tahu tentang ngalokat? Sebeulnya di beberapa daerah di Jawa Barat, ada juga yang melaksanakan upacara adat tersebut. Di Sumedang sendiri apakah di daerah wargi masih ada yang melaksanakan upacara adat ngalokat? Jika masih ada sila komen di bawah yah! Di Sumedang sendiri kegiatan ngalokat biasa dilaksanakan di seputaran sungai Cimanuk loh. Okeh mimin akan bahas menurut beberapa sumber yah, agar makin tahu Indonesia.

Beberapa pendapat tentang definisi lokat atau ngalokat. Menurut Kamus Umum Basa Sunda (1975:  290), lokat (ngalokat) yaitu, nyoga barang batikan yang sudah kusam supaya jelas lagi (bengras  deui).  Nyoga di sini menggunakan soga yaitu, nama semacam cat untuk membatik. Sedangkan menurut tokoh  masyarakat setempat atau Abah Asep, lokat atau ngalokat/ngaruat/ngahurif artinya ketiga kata  tersebut maksudnya mengembalikan kembali kesemula atau kesedia kala (membersihkan  diri). 
Ngalokat yaitu, memperbaiki diri kita yang telah melakukan kekhilafan untuk dikembalikan kembali  ke  semula artinya kembali ke fitri atau fitrah (bersih diri). Sebelum melangkah ke depan kita harus menengok ke belakang artinya apa yang telah kita lakukan di masa silam jangan sampai terulang  kembali di masa depan atau di masa yang akan datang. Ngahurip atau dihurifkan (dihidupkan  kembali)  artinya apa yang telah dilakukan oleh pendahulu kita  harus  dihidupkan kembali seperti semula jangan  sampai apa yang telah dilakukan oleh pendahulu dibiarkan sehingga punah ditelan oleh jaman.

Hurip, dihurip artinya mensyukuri nikmat yang kita peroleh, seperti nikmat melihat, mendengar,  berbicara, dan lain sebagainya. Hurip itu intinya dari kata warna merah, putih, kuning, dan hitam. Merah itu  unsur manusia, amarah disebut darah, atau api putih kalau unsurnya air, yaitu mata, kuning itu  angin lambangnya hidung, sedangkan hitam, yaitu bibir. 

Ngaruat, Ngalokat, Ngahurip, itu tidak jauh apa yang kita laksanakan, ada di dalam diri kita dari atas sampai ke bawah. Ti luhur sausap  rambut  ti handap sausap dampal, mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. Dari uraian  di  atas, pada intinya bahwa  ngalokat  yaitu,  upacara  ritual membersihkan diri dan lingkungan. Ngalokat cai berarti membersihkan dari segala kotoran yang ada  di sekitar sungai atau walungan. 

Upacara ngalokat bukan hanya dilakukan di Kabupaten Sumedang saja  tetapi di kabupaten lain pun melakukannya, misalnya: Kabupaten Cianjur, Tasikmalaya, dan Padalarang Kabupaten Bandung  Barat. Di Kabupaten Cianjur tiap tahunnya melakukan Upacara Ngalokat Hulu Cai Ajang Syukur Sambut Ramadhan atau Menyambut Tradisi Papajar, diartikan upacara menyambut fajar. 

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini