Udah Tahu Belum Sekelik? Ini Dia Kawasan Taman Nasional di Lampung 

Artikel ini milik Lampung Geh! dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Udah Tahu Belum Sekelik? Ini Dia Kawasan Taman Nasional di Lampung 
info gambar utama

Lampung – Hutan merupakan bagian daratan yang banyak didominasi oleh pepohonan, menjadi habitat makhluk hidup seperti hewan dan juga tumbuhan. Hutan biasanya terdiri dari hamparan pohon yang luas menciptakan hubungan simbiosis mutualisme dengan hewan yang hidup di alam. Sedangkan hutan konservasi merupakan kawasan hutan yang memiliki ciri khas tertentu, hutan konservasi memiliki tujuan untuk melestarikan tumbuh-tumbuhan dan habitat fauna serta satwa langka. 

Setiap kawasan hutan konservasi memiliki fokus pengolahan yang berbeda, memiliki fungsi pokok guna mengawetkan keanekaragaman tumbuhan dan satwa beserta ekosistem yang ada. Lampung memiliki beberapa hutan konservasi, yaitu Taman nasional, cagar alam, dan taman hutan raya. Dijelaskan dalam Keputusan Menteri Kehutanan No 68/KPTS/-II/ 1989 taman nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang dikelola dengan sistem zonasi yang terdiri dari zona inti atau zona lain yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan rekreasi, pariwisata dan ilmu pengetahuan.

Provinsi Lampung memiliki dua Taman Nasional loh sekelik. Apa saja? Yuk sekelik simak dimana saja kawasan Taman Nasional yang ada di Lampung di bawah ini!

Foto: M. Danil Prayoga/ Lampung Geh 
info gambar

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) berlokasi di Lampung Timur merupakan salah satu taman nasional di Provinsi Lampung. memiliki luas ± 125,631.31 Ha.Taman Nasional Way Kambas ditetapkan melalui surat keputusan Menteri Kehutanan pada saat itu Dr.Ir.H. Muslimin Nasution Nomor 60/Kpts-II/1999 pada tanggal 26 Agustus 1999.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini