10 Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia (1965-2018)

Kelapa atau dalam istilah ilmiah disebut Cocos nucifera, merupakan anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Amerika Selatan. Tanaman kelapa telah dibudidayakan di sekitar Lembah Andes, Kolombia, sejak ribuan tahun lalu.

Selain itu, banyak pendapat para ahli yang menyatakan bahwa tanaman kelapa berasal dari pesisir Samudra Hindia tepatnya di kawasan Asia Selatan. Kelapa dikenal karena kegunaannya yang beragam, mulai dari makanan, minuman, obat hingga kosmetik. Hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan, sehingga bisa dibilang kelapa adalah salah satu komoditi paling bernilai di dunia.

Sejak 1965, Indonesia, Filipina dan India secara konsisten mencatatkan total produksi terbesar di dunia. Area perkebunan yang luas didukung dengan iklim tropis yang cocok untuk perkebunan kelapa membuat ketiga negara tersebut mampu menguasai produksi kelapa dunia. Pada 1965, Filipina memimpin dengan total produksi sebesar 6,8 juta ton, diikuti Indonesia (5,5 jutan ton ) dan India (3,7 juta ton).

Pada 2018 posisinya sedikit berbeda, kali ini Indonesia berhasil menyalip produksi kelapa Filipina. Indonesia berhasil mencatatkan total produksi sebesar 18,6 juta ton. Filipina harus rela turun ke posisi dua dengan total produksi sebanyak 13,9 juta ton, sedangkan India tetap konsisten di posisi ketiga dengan total produksi sebesar 11,3 juta ton.