Pertumbuhan Ekonomi Provinsi di Indonesia (2011-2020)

Pertumbuhan Ekonomi merupakan proses perubahan kondisi perekonomian suatu wilayah secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

Pertumbuhan ekonomi menunjukan pertumbuhan produksi barang dan jasa di suatu wilayah perekonomian dalam selang waktu tertentu. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan ekonomi maka semakin cepat proses pertambahan output wilayah sehingga prospek perkembangan wilayah semakin baik.

Dengan mengatahui sumber-sumber pertumbuhan ekonomi maka dapat ditentukan sektor prioritas pembangunan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Pertumbuhan Ekonomi Indonesia selama kurun waktu 2011-2020 tercatat berada di angka 5 persen-6 persen, kecuali tahun 2020 yang sempat minus imbas Pandemi Covid-19.

Sementara itu, provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi (berdasarkan harga konstan) masih didominasi oleh provinsi di wilayah timur, seperti mayoritas provinsi di Pulau Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Tingginya angka tersebut didorong oleh kebijakan pemerintah yang meningkatkan skala pembangunan di wilayah timur dengan tujuan menciptakan pemerataan pembangunan nasional.