Ini Alasan Kenapa Wanita Lebih Suka Curhat di Instagram

Ini Alasan Kenapa Wanita Lebih Suka  Curhat di Instagram
info gambar utama

Jika dikategorikan jumlah pengguna Instagram di Indonesia, maka tak bisa dimungkiri jika Kaum Hawa yang paling mendominasi. Dominasinya bisa mencapai selisih 1-2 persen ketimbang pria.

Sementara dari sisi kategori usia, wanita juga mendominasi penggunaan Instagram di Indonesia.

Ada studi yang membuka tabir soal alasan mengapa platform Instagram menjadi salah satu aplikasi favorit Kaum Hawa.

Salah satu sebabnya adalah platform ini mampu mengakomodir para wanita untuk menyuarakan hati mereka serta menjadi media untuk mengungkap sisi emosional mereka.

Setidaknya ada tujuh alasan lain mengapa platform ini begitu akrab dengan para wanita. Hal-hal tersebut adalah:

  • Ruang obrolan. Pada dasarnya wanita memang suka bergosip membicarakan beberapa hal mulai dari yang kecil hingga besar.
  • Suka stalking. Instagram juga dijadikan tempat wanita untuk memantau (stalking) atas beberapa hal yang membuat mereka penasaran. Misalnya, jika mereka tertarik dengan lawan jenis, langsung mereka akan memantau Instagram si objek.
  • Mereka peduli. Meski terlihat lemah, nyatanya wanita merupakan mahluk yang peduli antar-sesama. Mereka tak sungkan untuk menggalang suatu kebaikan untuk tujuan tertentu melalui platform ini.
  • Mereka narsis. Tak dimungkiri jika mereka suka mengeksplorasi diri melalui swafoto, dan kemudian mengunggahnya ke Instagram.
  • Butuh perhatian. Sebagai bagian dari sisi emosional, wanita tentu membutuhkan perhatian, dan semuanya mereka tumpahkan di media sosial.
  • Suka belanja. Tak usah dijelaskan kawan, soal yang satu ini tentu tak ada yang membantahnya.
  • Bekerja sebagai pengelola akun media sosial. Hal terakhir yang menjadi alasan platform ini digandrungi para wanita adalah soal pekerjaan wanita yang tak jauh-jauh dari media sosial. Lihat saja di era sekarang, admin pengelola media sosial--termasuk Instagram--sebuah perusahaan, umumnya dikerjakan oleh wanita.

Dalam catatan lain, tak sedikit pula Kaum Hawa yang memiliki dua akun Instagram untuk mengeksplorasi jati diri mereka dalam ruang lingkup sosial.

Kemudian ada temuam menarik yang diungkap Hansal Savla, Senior Director TNS Indonesia, sebuah perusahaan market research, beberapa tahun lalu.

Ia menjelaskan pihaknya menemukan fakta dari hasil survei yang mereka lakukan, bahwa sekitar 63 persen wanita cenderung aktif menggunakan Instagram setiap harinya. Hal itu kontras dengan jumlah pria yang rutin mengggunakan platform tersebut sebanyak 37 persen.

Terima kasih telah membaca sampai di sini