Mengenal 9 Istilah Waktu dalam Bahasa Indonesia

Mengenal 9 Istilah Waktu dalam Bahasa Indonesia
Mengenal 9 Istilah Waktu dalam Bahasa Indonesia

Untuk menyatakan keterangan waktu kita seringkali Kita gunakan istilah Hari Ini, Besok, Kemarin dan Lusa. Namun tahukah kawan kalau keterangan waktu dalam Bahasa Indonesia tidak hanya itu saja?

Berikut ini 9 istilah waktu dalam Bahasa Indonesia yang mungkin belum Kawan ketahui.

Selumbari.
Menurut KBBI, Selumbari berarti kemarin dulu. Selumbari merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan keterangan waktu 2 hari sebelum hari ini. Jika hari ini adalah hari Minggu, maka Selumbari adalah hari Jum’at.

Kemarin.
Istilah yang menyatakan keterangan waktu 1 hari sebelum hari ini. Jika hari ini adalah hari Minggu, maka Kemarin adalah hari Sabtu.

Hari Ini.
Hari ini merupakan istilah yang menyatakan keterangan waktu dimana hari nya sedang dijalani atau sedang terjadi. Sering juga disebut dengan hari H.

Besok.
Merupakan istilah yang menyatakan keterangan waktu 1 hari setelah hari ini. Jika hari ini adalah hari Minggu, maka Besok adalah hari Senin.

Lusa.
Artinya 2 hari setelah hari ini. Atau 1 hari setelah Besok. Jika hari ini hari Minggu, Maka Lusa adalah hari Selasa.

Tulat.
Tulat berarti hari sesudah lusa atau 3 hari setelah hari ini. Jika hari hari ini adalah hari Minggu, maka Tulat adalah dari Rabu.

Tubin/ Tungging
Istilah yang digunakan untuk menyatakan hari keempat setelah hari ini adalah Tulat atau Tungging. Jika hari ini adalah hari Minggu, maka Tulat adalah hari Kamis

Cekelong.
Istilah yang digunakan untuk menyatakan hari kelima setelah hari ini. Jika hari ini adalah hari Minggu, maka Cekelong adalah hari Jumat.


Referensi :
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/selumbari
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kemarin
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/besok
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/lusa
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tulat
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tubin
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/cekelong

Terima kasih telah membaca sampai di sini