Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia Periode 1965-2018

Selama kurun waktu 1965-2020 Brasil muncul sebagai penguasa produksi kopi terbesar di dunia. Bahkan sampai sekarang peringkat Brasil masih belum tergoyahkan. Pada 1965, Brasil mampu memproduksi 2.294.047 ton biji kopi.

Sebagai negara penghasil kopi terbesar, angka itu terpaut cukup jauh dari Kolombia di peringkat dua yang hanya mencatatkan produksi sebesar 490.000 ton.

Kemudian muncul Vietnam sebagai pelaku baru dalam perebutan pangsa pasar kopi global. Setiap tahun, produksinya selalu mengalami peningkatan. Puncaknya pada 2018, produksi kopi Vietnam mencapai 1,6 juta ton, tepat satu tingkat di atas Indonesia.

Bersama Brasil dan Vietnam, Indonesia adalah negara penghasil biji kopi terbesar di dunia. Bahkan Indonesia menjadi negara pemasok kopi termahal di dunia, yaitu kopi luwak.

Biji kopi terbaik yang masuk dalam sistem pencernaan hewan luwak menjadikan cita rasa kopi luwak begitu unik dan disukai banyak kalangan. Jangan heran kalau secangkir kopi luwak bisa dibanderol dengan harga yang tinggi di luar negeri.