Lupa Sandi?

Asian Games 2019, di Kotamu?

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Asian Games 2019, di Kotamu?
Asian Games 2019, di Kotamu?

Terus terang saya cukup kaget ketika mendapati berita di media-media nasional bahwa Indonesia berniat (bersiap ditunjuk) menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Asian Games adalah hajatan besar, bukan seperti F1 atau MotoGP, atau Sea Games, atau Piala Asia. Asian Games memerlukan jauh lebih banyak hal dari itu. Hitung-hitungan kasar saya, kalau mau sukses menyelenggarakan Asian Games, Indonesia harus bekerja 7 x lipat dari kerja pada saat penyelenggaraan Sea Games XXVI lalu.

Palembang secara verbal sudah menyatakan kesiapannya, dengan catatan pemerintah harus mendukung penuh. Lalu bagaimana dengan kota-kota lain?

Saya rasa dari segi infrastruktur, Jakarta, Palembang, Surabaya, Medan, Balikpapan, Makassar, Malang, cukup siap, tentu saja dengan berbagai penyesuaian, penambahan dan perbaikan.

Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962, dimana Indonesia menempati urutan 2 dengan 21 medali emas, dibawah Jepang.

Baca Juga



Bahkan, Stadion Gelora Bung Karno/Senayan di bangun itu gara gara Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 1962 yang merupakan Asian Games yang ke-4 dari tanggal 24 Agustus 1962 sampai 4 September 1962. 1.460 atlet berlaga, datang dari 16 negara, dengan 15 cabang olahraga. Indonesia perlu segera menyadari bahwa bangsa besar ini harus mulai berlari cepat dan melupakan kesuksesan penyelenggaraan Sea Games. Indonesia pantas menjadi tuan rumah event yang lebih besar, Asian Games. Dan kita perlu memulainya dari sekarang.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata