Akan ada yang berbeda di TNI AL

Akan ada yang berbeda di TNI AL
info gambar utama

Kabar cukup mengejutkan datang dari TNI Angkatan Laut. Dikabarkan bahwa kapal canggih terbaru produksi dalam negeri, X3K Trimaran (produksi PT Lundin di Banyuwangi) akan segera menjadi salah satu kapal perang di jajaran TNI Angkatan Laut.  Secara keseluruhan, TNI AL memesan 5 unit kapal jenis ini, untuk memperkuat armadanya melakukan patroli laut.

Kapal X3K adalah kapal dengan 3 hulls, berkecepatan 40 knot, dan mampu membawa peluru kendali yang bisa menjangkau 120 km. Jika proyek pengadaan ini berhasil maka ini merupakan sejarah bagi Indonesia karena telah berhasil membuat kapal perang dengan komposit serat karbon, dan ini akan dipatenkan dan diekspor ke luar negeri, begitu kata Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin. 


Masih menurutnya, ini merupakan kapal `Trimaran` pertama yang dibuat dari serat karbon. Amerika Serikat pernah membuat kapal sejenis dengan panjang 120 meter namun dari bahan alumunium atau baja. Komposit serat karbon juga telah digunakan untuk pembuatan pesawat Boeing-777 dan mobil formula 1. Ketahanannya 20 kali lebih kuat dibandingkan baja. Masuknya kapal baru ini tentu saja menambah percaya diri saya, sebagai warga negara biasa, bahwa TNI AL bisa menjaga wilayah laut Indonesia dengan lebih baik lagi.  Bukan apa-apa, dalam waktu yang hampir bersama, TNI AL juga akan membeli 3 kapal selam jenis terbaru dari Korsel. Bravo, TNI AL (credit : Antara)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini