"The Longest Reign"

"The Longest Reign"
info gambar utama

Olahraga tinju memang bukan olahraga paling populer di Indonesia. Meski begitu, olahraga ini pernah, paling tidak 3 kali, menguasai rumah-rumah orang Indonesia yang menjadi bahan perbincangan. Yang pertama adalah karena Muhammad Ali. Bapak dan Ibu saya pernah bilang bahwa jalan di kota Jogja (kota saya) akan kosong melompong kalau Muhammad Ali bertanding dan disiarkan live. Yang kedua adalah Mike Tyson, dan waktu jaya2nya, saya masih di tahun-tahun awal masa Sekolah Dasar saya. Saya masih begitu ingat ketika dia tanding dan disiarkan langsung di TV, sekolah kami pulang cepat, jam sembilan pagi sudah dibubarkan kelas-kelasnya. Penyebabnya sederhana, para guru dan kepala sekolah ingin nonton, dan mereka tidak ingin kehilangan moment-moment sejarah.




Lalu yang ketiga adalah petinju nasional Ellyas Pical, dialah petinju pertama negeri ini yang mampu mengibarkan sang merah putih di pentas tinju professional tingkat dunia, saat berhasil menjuarai kelas Bantam Junior versi IBF pada tahun 1985. Saya juga masih ingat, rumah saya penuh dengan para tetangga yang juga tidak ingin ketinggalan menonton pertandingan Elly Pical, sang "exocet".

Setelah masa ketiganya pudar, orang Indonesia (paling tidak saya) tak lagi merasakan hype yang sama, gegap gempita yang sama. Ada beberapa sebab, salah satunya mungkin adalah media massa kita yang kurang memberi porsi, sehingga prestasi para atlet kita (terutama tinju) jarang terdengar.

Chris John

Jarang terdengar, bukan berarti tidak ada. Indonesia mempunyai juara unia tinju profesional Super Champion kelas bulu WBA Chris John. Dan bukan hanya sekedar juara dunia. Dia akan menerima penghargaan dari WBA sebagai petinju yang memegang gelar juara dunia terlama. Penghargaan itu akan diberikan langsung oleh Presiden WBA Gilberto Mendoza Jr di Panama bersamaan dengan Konvensi WBA di negara tersebut. Nama penghargaan tersebut adalah Nomited for Fighter of The Year and Decade and They Give Special Award for Champion with The Longest Reign.  Petinju dengan julukan The Dragon memegang gelar juara dunia sembilan tahun setelah merebutnya dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon melalui pertarungan ad-interim di Bali, Oktober 2003. Sejak merebut gelar juara dunia tersebut, ayah dua putri ini sudah 15 kali mempertahankan gelarnya. Bahkan setelah menang atas Hiroyuki Enoki pada pertarungan di Jepang, 24 Oktober 2008, Chris John berhak menyandang gelar Super Champion karena berhasil mempertahankan gelar 10 kali berturut-turut. See?

Kita mempunyai banyak hal yang membanggakan, namun kadang media kita tak terlalu antusias mengabarkan.

 

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini