Membangun Kembali Harapan

Membangun Kembali Harapan
info gambar utama

Anda tentunya masih Ingat dengan ramainya pemberitaan tentang jembatan Indiana Jones dimedia Televisi, yang sebenarnya adalalah jembatan gantung yang terletak diantara kampung Ciparay dan Kampung Ciwaru Lebak banten dan penduduk sekitar menamakan sebagai jembatan ciwaru. Jembatan ini rusak berat pada tiang penyangga sehingga salah satu Wire rop utama jatuh dari dari dudukanya di tiang utama sehingga lantai jembatan miring sampai 90 derajat, yang mengakibatkan sangat berbahaya bagi anak-anak kampung ciwaru yang melewati setiap harinya untuk berangkat kesekolah. Perjuangan untuk melewati jembatan miring ini yang jadi berita yang diexpose seluruh media nasional dan bahkan diberbagai media sosial sedemikian terkenal dan  mereka menamakanya sebagai jembatan Indiana Jones.  Anak Sekolah dan orang tua Nekat berjibaku melewati jembatan yang sudah miring tersebut , karena untuk mencari jalan alternative harus berputar berkilo-kilometer jauhnya untuk keseberang jembatan dikampung ciparay tempat mereka sekolah dan berhubung dengan dunia luar.

Gambar  1. Anak-anak sekolah harus menempuh bahaya setiap hari hanya untuk berangkat kesekolah, Karena tidak ada jalan lain yang terdekat kecuali harus memutar sejauh 3 km dan tidak ada angkutan umum

Seminggu setelah  kejadian banjir tersebut  Pemda Lebak memang lagi mengajukan permintaan anggaran tambahan ke Gubernur BANTEN untuk pembuatan jembatan baru Indiana Jones senilai kurang lebih 1 Milyard rupiah, karena tidak ada anggaran dari APBD Lebak, tetapi itu  proses persetujuan apalagi realisasinya akan melalui prosedur yang sangat panjang yaitu harus dibahas di DPRD saat pengajuan  APBD-Perubahan provinsi banten yang waktunya belum tentu kapan dirapatkan dan belum tentu disetujui. Ketika  IKA ITS BANTEN yang didukung oleh Krakatau Steel (karena kebetulan yang survey jembatan tersebut juga karyawan Krakatau Steel) menawarkan bantuan untuk ikut membangun kembali jembatan Indiana jones, mereka setuju dengan menggeser posisi jembatan 50-75 meter dari pondasi lama dan jembatan dengan konstruksi baja dari Krakatau steel , agar jembatan baru lebih aman dari abrasi sungai dan hantaman banjir. Kemudian kami meminta dibuatkan  segera  permintaan resmi dari Bupati Lebak, dengan tujuan agar bisa dibantu Wire Rop, Plat Checker plate dan bahan baja lain yang ada di Krakatau steel untuk bahan pembuatan jembatan gantung yang baru, karena Krakatau Steel telah terbukti lebih cepat .

Surat Permintaan dari Bupati Lebak tgl 23 Januari 2012

Tiang Utama bengkok 90 derajat , sehingga salah satu Sling utama jatuh ketanah yang membuat jembatan miring sampai vertikal (90 derajat Sehingga .Jembatan miring  yang panjangnya  100m ini jadi Obyek pemberitaan berita media masa nasional maupun Internasional.

KETUA IKA ITS BANTEN  yang Juga Deputy Direktur PT.Krakatau Steel berdiskusi dan memberi penjelasan Kepada Perangkat Desa, Lurah , Camat , Ustad Ponpes Ciwaru bahwa Bantuan Jembatan gantung ini memang sebagian besar  bantuan Krakatau Steel melalui Divisi PKBL ini , Tetapi tanpa ketrelibatkan Pemda Cilegon, IKA ITS dan terutama Gotong royong penduduk sekitar maka jembatan ini tidak akan jadi, kalaupun Jadi tidak akan bertahan lama jika penduduk sekitar tidak ikut membantu merawatnya, dengan Demikian Anak Anak kampung Ciwaru yang kesulitan untuk dapat besekolah , karena kampungnya terisolir segera bisa lebih mudah bersekolah lagi.

Rancangan baru Jembatan gantung  Indiana Jones oleh Alumni ITS dari Krakatau Engineering dengan konstruksi baja dengan Tiang Utama Pipa Tubular membentuk Pilar A dan Lantai plat Checker plate produksi PT.Krakatau Steel serta tinggi jembatan dinaikkan agar lebih aman dari terjangan banjir

IKA ITS membantu perlengkapan untuk gotong royong seperti  gerobak dorong , pacul , scoop, ember, rancangan jembatan, pembayaran tukang  dan  supervisi setiap minggu.

Akses menuju Sisi seberang jembatan (kampung Ciwaru) yg terisolir, harus menggunakan mobil Offroad yang kecil yang membuat sulit untuk dapat menstransfer material jembatan.

Transportasi Sirtu di sisi Pesantren kampong Ciparay, Pasir Tanjung Rangkas,  dengan gotong royong  dibantu Ibu-ibu ikut gotong royong menggunakan gerobak , sekop pacul bantuan IKA ITS

Transportasi sisi Kampung Ciwaru yang terisolir Terpaksa Mengguinakan  FLYING FOX Bahkan Anak-anak kampung Ciwaru  dengan telanjang bulat sambil bermain ikut membantu memindahkan batu belah untuk dibawa dengan rakit bambu ke kampungnya. Tiang Jembatan terpaksa juga diangkut dengan Gerobak (Ang Hang) yang ditarik Jeep 4x4. Transfer Material  Pasir dan batu yang tidak bisa memakai truk dan harus dilakukan dengan gerobak dorong, ember , rakit dan dengan Flying FOX membuat pembangunan pondasi jembatan menjadi lamban dan memerlukan tenaga banyak orang, untungnya penduduk sekitar bahkan Ibu-ibu, anak anak bahkan santri di ponpes terdekat sangat banyak membantu.

Selamatan Mohon keselamatan  memulai Pengecoran Pondasi Jembatan gantung

Pondasi Jembatan dibuat setinggi tinggi 7 Meter agar lebih aman dari terjangan banjir sudah Siap Di Cor di minggu ketiga Maret 2012

Jembatan gantung sebelumnya sudah rusak 3 kali dan terakhir baru dibangun 3 tahun lalu  dengan program stimulan pemda Lebak sudah rusak karena terjangan banjir. Jembatan yang dibangun saat ini lebih aman dari terjangan banjir, karena selain lokasi jembatan digeser ke posisi yg lebih aman  dan lebih tinggi serta desain jembatan  disimulasikan dengan Software Analisa Strukture (SAP2000) oleh alumni ITS serta dijamin lebih kuat karena menggunakan konstruksi BAJA berstandard SNI Produk dari Krakatau Steel,

Progres pembangunan pada akhir bulan Maret 2012,  Tiang  Utama Jembatan Sudah terpasang.  2 Minggu kedepan  setelah Beton Cor Pondasi kering akan diinstall Jembatan gantung yang sudah disiapkan di workshop Krakatau Steel .

(AlumniITS.com)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini