Inilah Tujuh Provinsi Paling Jujur saat Unas. Adakah Tempatmu?

Inilah Tujuh Provinsi Paling Jujur saat Unas. Adakah Tempatmu?
info gambar utama
Kemendikbud kemarin memaparkan indeks integritas unas sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA). Hasilnya, hanya tujuh provinsi yang memiliki indeks kecurangan pelaksanaan unas di bawah 21 persen. Sekolah yang memiliki indeks kecurangan pelaksanaan kecil dinilai berintegritas tinggi. Sekolah yang menduduki peringkat pertama indeks kecurangan di bawah 21 adalah Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Jogja berada di posisi puncak dengan indeks kecurangan 1 persen. ”Hanya terdeteksi 1 sekolah yang memiliki indeks integritas rendah,” tutur Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam, di Jakarta, kemarin.
(foto: rickylicious.blogspot.com)

Posisi tersebut disusul Bangka Belitung (4,5 persen), Kalimantan Utara (11,6 persen), Bengkulu (12 persen), Kepulauan Riau (14 persen), Gorontalo (20 persen), dan Nusa Tenggara Timur (20,4 persen). Untuk yang lain, hasilnya di atas 21 persen hingga 84,9 persen. Hasil itu diperoleh dari penilaian keseragaman nilai dan kecurangan siswa yang terjadi saat unas. ”Itu untuk yang paper based test (PBT). Kalau yang computer based test (CBT) nol persen,” urainya. Daerah mana saja yang memperoleh indeks kecurangan tertinggi? Nizam enggan menjawab. Menurut dia, hasil itu akan dipublikasikan setelah dikirim ke pemerintah daerah masing-masing. ”Etikanya seperti itu, ya. Nanti kami juga bantu untuk perbaikan,” tandasnya. (jpnn.com)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini