Pesta Kembang Api khas Malam Takbiran di Lombok

Pesta Kembang Api khas Malam Takbiran di Lombok

Pesta Kembang Api khas Malam Takbiran di Lombok

Jika kita datang ke Pulau Lombok, pulau seribu masjid di pedalaman timur Indonesia, pesta kembang api akan kita temukan pada malam lebaran. Seusai magrib pada malam terakhir ramadhan, takbiran dari masjid dan musholla-musholla terus dikumandangkan. Disusul dengan arak-arakan pawai obor dari masing-masing desa untuk berkeliling sambil takbiran bersama dengan tujuan ke masjid Jami’ (Masjid Agung setempat). Lalu, di Masjid Jami’ diadakan tausyiah atau pengajian singkat refleksi Ramadhan oleh tokoh agama setempat, diakhiri dengan makan bersama dan barulah pesta kembang api dirayakan. Seakan pesta kembang api ini menemukan masanya untuk dipentaskan di pulau seribu masjid ini pada malam lebaran. Semua kalangan masyarakat tumpah ruah di jalanan-jalanan untuk menyaksikan, mulai dari yang kecil sampai yang tua. Bagi masyarakat kampung disini, pesta kembang api ini menjadi malam hiburan gratis yang sangat menawan untuk tak boleh dilewatkan setiap tahunnya. Itupun dilakukan hanya sekitar 2 jam saja, mulai sehabis takbiran di waktu isya dan tausyiah refleksi Ramadhan pada pukul 9 sampai dengan pukul 11 malam. Pesta kembang api ini bisa dikatakan terjadi secara alami. Diawali dari begitu banyaknya pemuda di desa yang merantau ke luar daerah dan bahkan ke luar negeri sebagai TKI, dan sepulang mereka dari rantauan pada saat lebaran membawa berbagai variasi kembang api untuk dinyalakan sebagai bentuk kebahagiaan mereka setelah bisa kumpul dengan keluarga mereka di hari raya lebaran seperti ini. Dari tahun ke tahun, secara tidak disadari akhirnya menjadi sebuah ritual yang seakan tak boleh terlewatkan. Seusai itu, tak ada yang tersisa kecuali suara takbir pengagungan nama Tuhan yang maha esa. Beginilah cara kami menyambut hari kemenangan, hari raya Idul Fitri yang sewajarnya untuk disyi’arkan. sumber: Zainul Yasni. Foto: http://media.viva.co.id/

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

#IndonesiaMudik ke London demi Jabat Tangan dan Semangkuk Lontong Opor Sebelummnya

#IndonesiaMudik ke London demi Jabat Tangan dan Semangkuk Lontong Opor

Islamic Center Indonesia akan Dibangun di Kota Dingin di AS Selanjutnya

Islamic Center Indonesia akan Dibangun di Kota Dingin di AS

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

Indah graduated from MSc Development Administration and Planning from University College London, United Kingdom in 2015. She finished bachelor degree from International Relations from University of Indonesia in 2014, with two exchange programs in Political Science at National University of Singapore and New Media in Journalism at Ball State University, USA. She was awarded Diplomacy Award at Harvard World Model United Nations and named as Indonesian Gifted Researcher by Australian National University. She is an Editor at Bening Communication, previously worked at the Commonwealth Parliament Association UK and a diplomacy consulting firm Best Delegate LLC in USA.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.