Sidringo, KW Supernya Ranu Kumbolo

Sidringo, KW Supernya Ranu Kumbolo
info gambar utama
Letak : Desa Mojotengah, Kec. Reban, Kab. Batang, Jawa Tengah
Ketinggian : ± 2.222 Mdpl

Nama Dringo konon didapat dari tumbuhnya dringo di sekeliling telaga tanpa ditanam orang. Telaga itu juga merupakan bekas kawah yang meletus pada tahun 1786. Terletak di Desa Mojotengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, dan langsung berbatasan dengan Desa Wonopriyo, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, sejalur dengan Kawah Candradimuka yang sudah masuk Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Telaga ini merupakan salah satu telaga yg terletak di salah satu puncak Dieng. Kalau kita berdiri di salah satu puncak di sekeliling telaga, maka akan tampak cekungan bekas kawah yg meletus dan sekarang terisi air tersebut.

Telaga ini adalah telaga yang sangat jarang dikunjungi bahkan diketahui oleh wisatawan Dieng, treking yang jauh sulit dan jalan yang kurang bagus menjadi alasan utama. Terutama perjalanan antara Desa Kembang Langit sampai Desa Gerlang yang rusak parah. Sayang sekali, kurang ada pengelolaan dan akses yang baik untuk Sidringo ini.

Kata warga setempat, bikers yang mengaku handal, kalau belum sukses naklukin jalan menuju Sidringo via Batang, belum sahih disebut bikers sejati.

Ya, jalanan terjal inilah yang terkadang membuat para pengunjung harus berjuang keras menuju ke lokasi. Ada yang menggunakan motocross, ada pula yang meminta bantuan masyarakat sekitar untuk mendorong motor, pun juga ada yang menggunakan jasa "ojek super" (sopirnya telah memiliki skill yang mumpuni untuk menghadapi jalan yang terjal.)

Berikut foto-foto Sidringo yang disadur dari berbagai sumber.

Indah, bukan ? Namun masih cukup sepi.

Inilah tempat wisata yang berkualitas dan masih minim atensi. Semoga masyarakat senantiasa menjaga keindahan alam bumi pertiwi! Inilah Negeriku! Maju terus pariwisata Indonesia!


- Muhammad Sulthon Novera Rega

(Credit photo to : achidwiastari & pramata_pramakumbara on instagram ; Ika Sendy Herista on Blog ; krisnawilantara56 on WordPress ; Mas Shobar on Blog)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini