Ini dia 15 Kota tercerdas di Indonesia tahun 2015

Ini dia 15 Kota tercerdas di Indonesia tahun 2015

Ini dia 15 Kota tercerdas di Indonesia tahun 2015

Penganugerahan Kota Cerdas 2015 telah dihelat Kamis (13/8/2015) lalu dengan mengumumkan kota-kota terbaik yang tergolong sebagai smart city. Terdapat 3 kategori untuk kota yang dinilai, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Dari tiap kategori tersebut kemudian diperingkat hingga 5 besar. Sehingga total kota cerdas yang terpilih sebanyak 15 kota dengan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) sebagai alat ukurnya.

kota

Suhono Harso Supangkat, Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB menjelaskan bahwa IKCI disusun, dan diolah berdasarkan data sekunder dari 93 kota otonom yang meliputi aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan enabler dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan juga ditambah dengan data dari pemerintah kota.

Sebuah kota dianggap sebagai kota yang cerdas dalam perekonomian apabila kota tersebut memiliki perekonomian yang berjalan dengan baik, dalam kegiatan industri, pemaksimalan sumber daya yang ada, terutama manusia sebagai aset dan subjek utama penggerak ekonomi. Sementara dalam aspek sosial, sebuah kota dinilai berhasil jika masyarakat dapat menikmati keamanan, kemudahan dan kenyamanan untuk tinggal di kota tersebut. Warga mendapatkan layanan kesehatan, transportasi, serta layanan publik lainnya yang mudah diakses, layak dan terjangkau. Sedangkan kota dengan pengelolaan lingkungan yang cerdas, dapat digambarkan dari kemampuan kota untuk menyediakan hunian yang sehat, pengelolaan energi dengan prinsip hemat, dan kesesuaian tata ruang.

Kota Cerdas atau smart city  tak hanya melulu terkait masalah konektivitas, kemudahan mobilitas, dan juga berbasis teknologi. Lebih dari itu, kota cerdas adalah menyangkut bagaimana warganya bahagia (happy) tinggal dan berkegiatan di kotanya.

"Kebahagiaan atau happiness jauh lebih penting, daripada konektivitas. Kota cerdas itu tentang ekosistem, orangnya, warganya, yang bisa mengaktualisasikan dirinya dan bahagia hidup di kotanya," ujar Suharsono Menambahkan.

Serah terima penghargaan yang diadakan di hotel Grand Ballroom, Shangri-La Hotel, Jakarta ini menobatkan pemenang untuk masing-masing kategori. Untuk kategori kota besar, pada peringkat pertama adalah Kota Surabaya. Kota Surabaya dianugerahkan sebagai kota best of the best. Surabaya tidak hanya menang dalam kategori kota besar berpenduduk diatas satu juta jiwa, namun juga memenangi kategori kota Cerdas terbaik dalam pengelolaan lingkungan.

Surabaya dirasa pantas menjadi yang terbaik sebab saat ini, Kota Surabaya memiliki 1.000 perpustakaan, 102 lapangan olahraga, dan 25 broadband learning center atau pusat pembelajaran pita lebar. Selain itu, pemerintah kota juga kini tengah mengembangkan taman masa depan seluas 80 hektar sebagai pemakaman umum.

Setelah Surabaya, menurut IKCI kota besar terbaik selanjutnya adalah Tangerang, Depok, Bandung dan Semarang. Sedangkan untuk kota sedang adalah Yogyakarta, Balikpapan, Surakarta, Pontianak, dan Malang. Selanjutnya untuk kota kecil adalah Magelang, Madiun, Bontang, Mojokerto dan Salatiga. Kota Magelang juga dinobatkan sebagai kota yang cerdas secara perekonomian. Begitu juga dengan kota Madiun yang dinilai sebagai kota cerdas dalam hal sosial.

disadur dari kompas.com

Pilih BanggaBangga40%
Pilih SedihSedih20%
Pilih SenangSenang5%
Pilih Tak PeduliTak Peduli35%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Raja Ampat lokasi terbaik untuk Snorkeling versi CNN Sebelummnya

Raja Ampat lokasi terbaik untuk Snorkeling versi CNN

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye Selanjutnya

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.