Wah ternyata ada Jalan Soekarno di Negara Maroko

Wah ternyata ada Jalan Soekarno di Negara Maroko
info gambar utama
Seorang proklamator besar seperti Soekarno ternyata tidak hanya disegani di negara sendiri, namun ternyata Presiden pertama Republik Indonesia ini juga dihormati di berbagai negara. Salah satunya adalah di negara Maroko dengan penamaan jalan di kota Rabat, Ibukota Maroko. Negara yang terletak di sebelah utara benua afrika ini menyematkan nama Soekarno di sebuah rue atau jalan. Penanda jalan secara resmi menyebutnya sebagai Rue Soukarno. Letaknya berada di sebelah kantor pos di pusat kota tidak jauh dari stasiun kereta Casa Voyager.
Rue Suokarno, Rabat. Maroko (Foto: Fira Abdurrahman/Kompas.com)
info gambar
Lalu mengapa seorang Soekarno yang mungkin bagi masyarakat Maroko adalah tokoh asing, kemudian mendapatkan penghormatan seperti ini? Ternyata penghormatan terhadap tokoh perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia ini berawal dari jasa Soekarno menggalang kekuatan negara–negara dunia ketiga dalam Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung, Jawa Barat. Peran besar Soekarno inilah yang kemudian memberikan dampak pada kemerdekaan Maroko pada 2 Maret 1956 dari Kolonial Perancis. Selanjutnya pada tahun 1960 Soekarno yang saat itu menjadi Presiden Republik Indonesia, berkunjung ke Maroko sebagai bentuk ucapan selamat dari Indonesia atas kemerdekaan negara yang terkenal sebagai destinasi wisata di Afrika ini. Kedatangannya kala itu disambut meriah oleh Raja Mohammed V dan rakyat Maroko, sebas atas peran Soekarno negeri yang dulunya dikenal dengan nama Magribi ini dapat memperoleh kemerdekaan. Bahkan Indonesia adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Maroko saat itu. Jalan Soekarno sendiri diresmikan pada tahun 1960 oleh Raja Mohammed V dan dihadiri langsung oleh Soekarno yang saat itu sebagai Presiden RI. Sebelum berubah menjadi Rue Soukarno, nama jalannya adalah Al Rais Ahmed Soekarno. Sebagai balasannya nama Casablanca yang merupakan kota terbesar kedua di Maroko digunakan Presiden Soekarno sebagai nama salah satu jalan di Jakarta, yakni Jalan Casablanca yang terbentang dari Tanah Abang hingga Kampung Melayu. Berdasarkan sejarah itulah jasa-jasa Soekarno diabadikan namanya sebagai nama salah satu jalan besar di Rabat. Sejak saat itu pula pemerintah Maroko memberlakukan Visa on Arrival kepada wisatawan Indonesia yang datang ke sana.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini