Indonesia Peringkat 5, Negara dengan Cadangan Air Tawar Terbesar Dunia

Indonesia Peringkat 5, Negara dengan Cadangan Air Tawar Terbesar Dunia
info gambar utama
Indonesia ternyata menjadi negara yang juga berperan sebagai penopang kehidupan dunia. Ketersediaan sumber daya alam Indonesia yang melimpah sudah menjadi pengetahuan umum. Bukan hanya sumber daya mineral atau tambang saja namun juga ternyata Indonesia memiliki sumber daya air tawar yang melimpah.
Air Terjun Telun Berasap (Foto: Indonesia.travel) Air Terjun Telun Berasap (Foto: Indonesia.travel)

Meski dalam beberapa tahun Indonesia sering mengalami kekeringan, menurut data yang dirilis mapsoftheworld.com pada tahun 2013, Indonesia adalah negara dengan sumber air terbarukan terbesar peringkat lima di dunia. Menurut peringkat ini, Indonesia yang memiliki sumber air sebanyak 2838 meter kubik berada satu peringkat dibawah dari jumlah Amerika Serikat yang memiliki cadangan air sebesar 3069 meter kubik. Menurut data yang dirilis, terlihat bahwa negara-negara dengan sumber air tawar terbesar adalah negara-negara yang memiliki cakupan wilayah daratan dan hutan yang cukup besar. Seperti Brazil yang menempati peringkat pertama negara yang memiliki sumber air tawar terbarukan dengan jumlah sebesar 8233 meter kubik. air tawar Indonesia sebagai negara kepulauan yang luas wilayah daratannya hanya sepertiga dari total luas negara, titik-titik sumber air lebih banyak berasal dari pegunungan dan juga wilayah-wilayah dengan densitas hutan tinggi. Sumber-sumber air tersebut kemudian banyak mengalir menjadi sungai-sungai yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini menandakan bahwa cadangan air Indonesia memang banyak bergantung pada kesehatan hutan di masing-masing wilayah.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini