Lupa Sandi?

Indonesia Peringkat 5, Negara dengan Cadangan Air Tawar Terbesar Dunia

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Indonesia Peringkat 5, Negara dengan Cadangan Air Tawar Terbesar Dunia
Indonesia ternyata menjadi negara yang juga berperan sebagai penopang kehidupan dunia. Ketersediaan sumber daya alam Indonesia yang melimpah sudah menjadi pengetahuan umum. Bukan hanya sumber daya mineral atau tambang saja namun juga ternyata Indonesia memiliki sumber daya air tawar yang melimpah.
Air Terjun Telun Berasap (Foto: Indonesia.travel) Air Terjun Telun Berasap (Foto: Indonesia.travel)

Meski dalam beberapa tahun Indonesia sering mengalami kekeringan, menurut data yang dirilis mapsoftheworld.com pada tahun 2013, Indonesia adalah negara dengan sumber air terbarukan terbesar peringkat lima di dunia. Menurut peringkat ini, Indonesia yang memiliki sumber air sebanyak 2838 meter kubik berada satu peringkat dibawah dari jumlah Amerika Serikat yang memiliki cadangan air sebesar 3069 meter kubik. Menurut data yang dirilis, terlihat bahwa negara-negara dengan sumber air tawar terbesar adalah negara-negara yang memiliki cakupan wilayah daratan dan hutan yang cukup besar. Seperti Brazil yang menempati peringkat pertama negara yang memiliki sumber air tawar terbarukan dengan jumlah sebesar 8233 meter kubik. air tawar Indonesia sebagai negara kepulauan yang luas wilayah daratannya hanya sepertiga dari total luas negara, titik-titik sumber air lebih banyak berasal dari pegunungan dan juga wilayah-wilayah dengan densitas hutan tinggi. Sumber-sumber air tersebut kemudian banyak mengalir menjadi sungai-sungai yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini menandakan bahwa cadangan air Indonesia memang banyak bergantung pada kesehatan hutan di masing-masing wilayah.

Pilih BanggaBangga56%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau11%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bertekad untuk mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie